Aliansi Pemuda Aceh Menggugat (APAM) kembali menggelar aksi unjuk rasa di Halaman Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, Rabu 24 Februari 2021. Aksi tersebut dilakukan untuk meminta Gubernur Aceh dan DPR Aceh untuk lebih peduli kepada masyarakat miskin.

Whatsapp Web Harus Pakai Sidik Jari-Pindai Muka Buat Login

Bisma Septalismaailustrasi-whatsapp
A A A

JAKARTA- Whatsapp bakal wajibkan pengguna untuk memindai sidik jari dan muka untuk login (masuk) dan melakukan sinkronisasi chat ke Whatsapp Web.

Nantinya, pengguna mesti melakukan pemindaian sidik jari dan wajah dan dilanjutkan dengan memindai kode QR agar bisa masuk dan sinkronisasi chat ke Whatsapp Web. Hal ini berlaku untuk ponsel Android dan iOS.

"Ketika pengguna ingin menyinkronkan akun mereka dengan WhatsApp Web/desktop, mereka akan diminta untuk melakukan autentikasi biometrik di ponsel mereka sebelum diminta memindai kode QR," demikian tertulis dalam keterangan resmi, Kamis (28/1).

Menurut Whatsapp, hal ini dilakukan sebagai tambahan lapisan keamanan untuk mengurangi kemungkinan penyalahgunaan Whatsapp oleh pihak ketiga.

Cara ini juga dinilai mempersulit pihak ketiga untuk mengintip pesan Whatsapp di desktop tanpa sepengetahuan pengguna.

Sebelumnya, Whatsapp sudah menambahkan keamanan Whatsapp Web dengan mewajibkan pengguna memindai kode QR terlebih dulu agar bisa melakukan sinkronisasi lewat peramban.

Fitur keamanan selanjutnya adalah dengan memunculkan notifikasi ketika terjadi login di WhatsApp Web/desktop.

Pengguna Whatsapp juga bisa mengatur agar bisa mengamati akun Whatsapp mereka masuk (login) di perangkat apa saja dan bisa mengatur agar keluar (logout) dari perangkat tertentu.

Menurut Whatsapp, mereka tak bisa mengakses informasi biometrik yang tersimpan di sistem operasi ponsel pengguna.

Selain meluncurkan pembaruan keamanan, Whatsapp juga akan membuat tampilan Whatsapp Web baru. Pembaruan ini akan tersedia di ponsel pengguna yang kompatibel dalam beberapa pekan mendatang.

Sumber:CNN Indonesia
Rubrik:TEKNO

Komentar

Loading...