Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan kewenangan kepada 14 kabupaten/kota di Aceh bersama 88 Kabupaten/Kota lainnya yang berstatus zona hijau atau belum terdampak Covid-19, untuk membolehkan masyarakat melaksanakan kegiatan yang produktif.

Ketua SMSI Aceh:

Wartawan Tidak Beritikad Buruk

ISTIMEWAKetua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Aceh, Tarmilin Usman
A A A

BANDA ACEH - Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Aceh, Tarmilin Usman menegaskan wartawan dalam menulis berita harus berimbang (cover both side), mengindari delik, tidak tendensius atau beritikad buruk.

"Ini penting saya tegaskan khususnya baik wartawan media mainstrem maupun media online di provinsi Aceh," ujar Tarmilin, Jumat (17/4/2020).

Sekarang ini sudah ada istilah wartawan kompetensi yang sudah lulus dalam ujian yang dilaksanakan lembaga profesi baik PWI, AJI, IJTI oleh Dewan Pers.

Kata Tarmilin, perusahaan pers dalam merekrut wartawan utama sekali harus memberikan pendidikan dan pelatihan tentang dasar jurnalistik, kode etik wartawan dan undang pokok pers no 40 tahun 1999.

"Itu prinsip bagi seorang wartawan dan tidak ada tawar menawar, karena itulah perusahaan pers harus selektif dalam merekrutnya," ungkap Tarmilin yang juga Ketua PWI Aceh.

Begitu juga bagi Perusahaan Pers di Aceh juga harus sudah kompeten, misalnya punya badan hukum PT. dan ada penanggungjawab redaksi dengan wartawan utama.

"Saya menghimbau agar wartawan tetap komit dalam menjalankan tugas sosial kontrol," demikian Tarmilin.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...