Puluhan papan bunga ucapan Selamat dan Terimakasih kepada Gubernur Aceh berjejer terpasang di depan Pendopo Gubernur Aceh tepatnya di jalan Jalan Japakeh No.1, Kampung Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh. Pantauan acehimage.com, pada Jumat (5/3/2021). Papan bunga ini terpasang mulai di depan Museum Aceh hingga pagar samping pendopo (pintu masuk Anjong Mon Mata). Memang papan bunga yang terpasang kali ini berbeda dengan yang dipasang di depan Kantor Gubernur Aceh beberapa waktu lalu. Kali lebih kepada program "pencitraan" Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Peringati HPN Ke-75

Wartawan Bener Meriah Santuni Anak Yatim dan Penanaman Pohon

SAMSUDDINSekda Bener Meriah, Drs Haili Yoga menyerahkan Plakat Penghargaan kepada keluarga almarhum Putra Mandala wartawan lintasgayo.com
A A A

BENER MERIAH – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-75, wartawan Bener Meriah yang tergabung dalam tiga organisasi yakni, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Persatuawan Waratawan Bener Meriah (PEWABER), dan Seketeriat Berasama (Sekber) Jurnalis Bener Meriah mengelar acara santunan anak yatim dan penanaman pohon.

Selain itu, dalam menyemarakan kegiatan yang di pusatkan di tempat wisata Kampung Tembolon Kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah juga dilaksanakan Arung jeram, Camping dan rencananya akan ditutup dengan kegiatan Jurnalis menembak di Kompi 3 Bataliyon B Pelopor Brimob Bener Meriah.

Kapolres Bener Meriah, AKBP Siswoyo Adi Wiajaya SIK dalam sambutanya menyampaikan, peran serta media telah ditorehkan oleh tinta kuning dalam sejarah panjang perjalanan bangsa ini.

"Kita lihat kebelakang pada zaman perjuangan, bahwa insan pers ini memiliki dua peran yakni sebagai aktivis pers, dan sebagai aktivis politik. Sebagai aktivis pers, rekan-rekan pers turut serta mempublikasikan di bidang penerangan terkait untuk mengelorakan semangat patriotisme pada zaman dahulu," katanya.

Sedangkan sebagai aktivis politik, rekan-rekan pers zaman dahulu terlibat langsung dalam hal membangunan pergerakan. Untuk itu sudah sepantasnya pada zaman ini media sebagai pilar ke empat dari demokrasi.

Siswoyo menambahkan, diera globalisasi saat ini, dimana kemajuan tekhnologi informasi kemudian juga perkembangan pembangunan diberbagai daerah juga sangat pesat menuntut bahwa peran pers (media) bukan hanya sekedar pemberitaan saja tapi juga bisa mengedukasi, bisa memberikan hal-hal yang positif kepada masyarakat luas.

"Apalagi ini masa pendemi Covid-19, harapan kami media bisa memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menangkal hoax, kerana jaman sekarang ini yang parah adalah hoax terkait masalah pandemic, terkait masalah vaksinasi. Jadi kalau tidak ada yang mempilternya yang kasihan adalah masyarakat,"sebut Kapolres Bener Meriah.

Terkait tema dalam kegiatan HPN ke-75 ini “Bangkitkan wisata dimasa pandemi" perlu perjuangan dari semua pihak, termasuk Reje Kampung. Jadi pesan saya kepada Reje Kampung bila didaerah kita ada potensi wisatanya yang bisa kita bangkitkan tolong dikelola dan direncanakan dengan baik,"harap Kapolres Bener Meriah, Sabtu ( 20/2/2021).

Sementara dalam arahanya, Sekda Bener Meriah, Drs Haili Yoga M Si menyampaikan apresiasinya kepada panitia, sebab kegiatan yang baru pertama dilaksanakan dengan persiapan hanya 5 hari tetapi kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

Menurut Haili Yoga, melalui kegiatan HPN yang dilaksanakan para wartawan hari ini adalah momentum untuk mengkolaborasikan semua pihak untuk mewujudkan pembangunan didaerah ini tak terkecuali kemajuan tempat-tempat wisata.

“Harapan saya, setelah rekan-rekan media memulai mari kita implementasi kedepan agar pariwisata didaerah ini semakin diminati dan tentunya akan menambah inkam masyarakat seputaran,"kata Haili Yoga.

Haili Yoga menekankan, agar dimasing-masing Kampung yang memiliki objek wisata supaya membentuk Pemuda sadar wisata ( Pokdarwis ) dan dibina oleh Dinas Pariwisata untuk memberikan pemahaman serta dukungan kemajuan wisata tersebut.

Sebelumnya dalam laporanya, Ketua Panitia HPN ke-75, Mashuri menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mendorong dan mempromosikan objek wisata di Bener Meriah khususnya daerah Tembolon ini agar lebih dikenal dan banyak dikunjungi wisatawan sehingga dapat memulihkan ekonomi masyarakat.

“Seperti yang kita ketahui berasama, saat ini negeri kita masih dilanda pendemi Covid-19 sehingga acara yang kita gelar hari ini tetap sesuai protokol kesehatan ( Protkes )," kata Waratawan Hari Rakyat Aceh itu.

Ketua Pewaber itu menjelaskan, wabah virus corona menimbulkan dampak terhadap perekonomian masyarakat tak terkecuali masyarakat Kabupaten Bener Meriah, untuk itu perlu adanya upaya-upaya untuk pemulihan ekonomi masyarakat, salah satunya dengan membakitkan tempat-tempat wisata.

Kampung Tembolon memiliki potensi keindahan alam yang luar biasa yang tidak miliki daerah lain, hanya saja kurang di ketahui oleh orang luar untuk itu kita memilih tempat ini sekaligus untuk mempromosikan kemasyarakat luar daerah bahwa Tembolon memiliki objek wisata yang perlu untuk dikunjungi karena menyimpan keindahan yang dapat melepas penat.

Kepada peemrintah daerah, Mashri berharap, agar tempat wisata ini semakin diminati pengunjung perlu peningkatan pembangunan akses jalan maupun fasilitas -wisata yang respentatif.

Kegiatan tersebut juga diwarnai dengan pemberian plakat penghargaan kepada Forkopimda plus, serta kepada keluarga almarhum Putra Mandala wartawan lintasgayo.com. Dan kegiatan tersebut dihadiri Forkopimda Forkopimda Plus, organisasi pemuda.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...