Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Aceh Selatan bertambah empat kasus baru. Dengan bertambahnya empat orang baru, kini jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Aceh Selatan menjadi 21 orang. Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Novi Rosmita menyatakan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu berinisial DM (56) AI (30) AZ (34) dan MR (26).

Warga Suak Raya Tolak Pasien Reaktif Covid-19

VINDA EKA SAPUTRA.
A A A

ACEH BARAT - Puluhan warga Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat menolak keberadaan pasien reaktif covid-19 di Puskesmas Pembantu (PUSTU) Suak Raya pada Selasa (07/07/2020).

Sebelumnya, seorang awak Kapal Teluk Sinabang yang dinyatakan reaktif covid-19 setelah dilakukan tes cepat atau rapid test oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di pelabuhan Bubon, lalu di bawa ke PUSTU Suak Raya untuk dilakukan karantina sembari menunggu hasil uji swab keluar.

Namun keberadaan pasien reaktif covid-19 di desa Suak Raya tersebut tidak diterima oleh warga karena tidak adanya pemberitahuan terlebih dahulu kapada warga bahwa puskesma yang berada di desa mereka akan digunakan sebagai tempat karantina dan warga juga merasa resah dan takut dengan keberadaan pasien reaktif tersebut.

“Kami maunya kalau bisa jangan dimasukkan ke desa kami, karena kan pos covid itu sudah ada dan sudah disediakan jadi jangan dimasukkan ke desa kami,” kata Ovi warga Desa Suak Raya.

Alasan warga menolak keberadaan pasien reaktif covid-19 dikarantina di PUSTU Suak Raya karena mereka takut dan khawatir virus tersebut akan menular kepada warga desa dan anak-anak mereka nantinya.

“Kami masyarakat Suak Raya merasa resah, karena ini kan penyakit, jadi nanti kalau kena kami dan anak-anak kami gimana, makanya kami tolak kalau pasien masuk ke sini,” ujarnya.

Sementaraa itu, Irsadi Aristora, Pelaksana gugus tugas penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19 Kabupaten Aceh Barat mengatakan berdasarkan hasil musyawarah bersama yang dilakukan dengan kepala dan perangkat desa menyepakati bahwa pasien reaktif tersebut akan dipindah dari Desa Suak Raya.

“Kita menghargai keputusan yang dilakukan oleh warga dan berdasarkan hasil rapat bersama kepala desa kita menyepakati bahwa pasien aka kita pindahkan dari Desa Suak Raya ke Posko Gugus Tugas,” katanya.

Ia menambahkan bahwa, penempatan pasien reaktif covid-19 di desa Suak Raya tersebut karena akan dilakukan pengambilan sampel swab dan pasien tersebut belum dinyatakan positif covid-19 karena masih menunggu hasil swab yang dilakukan oleh BALITBANGKES keluar.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...