Seorang warga Cot Gapu Kecamatan Kota Juang, Bireuen yang berdomisili di Lampriet, Kuta Alam Banda Aceh meninggal dunia saat sedang menikmati makan siang di salah satu warung nasi yang berada di kawasan Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Senin (25/5/2020).

Warga Gla Keliling Kampung sambil Lantunkan Doa Tolak Bala

ISTIMEWAWarga Gla Meunasah Baro, Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Sabtu (28/3/2020) malam menggelar pawai keliling kampung sambil berdoa Tulak Bala.
A A A

ACEH BESAR- Warga Gla Meunasah Baro, Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Sabtu (28/3/2020) malam menggelar pawai keliling kampung sambil berdoa Tulak Bala. Pada pagi Ahad (29/3/2020) dilakukan penyemprotan Disinfektan di semua rumah warga.

Keusyik Gla Meunasah Baro, Maimun kepada Wartawan menjelaskan, kegiatan keliling kampung itu merupakan kearifan lokal yang dihidupkan kembali. "Itu budaya atau kebiasaan endatu kita dulu saat Nanggroe sedang dilanda bencana," ujar dia.

Kata dia, doa tulak bala sampai keliling kampung itu dilakukan seiring makin merebaknya virus Corona atau Covid-19 di Aceh, khususnya Aceh Besar.

Apalagi di kecamatan tersebut sudah ada ODP (orang dalam pemantauan) dari pihak terkait.

Maimun menyebutkan, masyarakatnya melakukan pawai keliling kampung membacakan doa-doa tolak bala sepanjang jalan kampung yang diikuti ratusan warga dari berbagai kelompok usia.

"Selesai keliling kampung, semua warga berkumpul di meunasah mendengar tausiyah singkat dari Teungku Zarkasyi," ujar Keusyik Maimun.

Ia juga mengajak semua warga untuk patuh dengan protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan yang sudah mendunia itu.

"Bagi warga yang baru keluar daerah kita minta untuk segera melapor dan cek kesehatan serta tidak keluar rumah (isolasi diri) hingga 14 hari," ujar dia seraya mengajak masyarakat untuk patuh pada anjuran pihak medis.

Sementara Sekretaris Gampong Gla, Muhammad Amin, menambahkan, bagian kepemudaan juga melakukan penyemprotan disinfektan keliling kampung. "Kita sudah membentuk tim untuk penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga," tambahnya

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...