Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Wali Kota Kembali Serahkan 2 Rumah Bantuan Baitul Mal

HUMAS PEMKO BANDA ACEHWali Kota Banda Aceh Aminullah Usman kembali menyerahkan dua unit rumah layak huni bagi warganya yang kurang mampu.
A A A

BANDA ACEH – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman kembali menyerahkan dua unit rumah layak huni bagi warganya yang kurang mampu. Kali ini, rumah yang dibangun dari dana zakat yang dihimpun melalui Baitul Mal Banda Aceh itu, diberikan bagi Surya Darma dan Nazariah, warga fakir miskin di Gampong Jawa dan Gampong Mulia.

Dalam sambutan singkatnya, Wali Kota Aminullah mengatakan kedua rumah bertipe 36 plus tersebut merupakan rumah ke-8 dan ke-9 yang rampung dibangun dari dana zakat 2020.

“Alhamdulillah, hari ini kita bisa menyerahkan secara simbolis kepada yang berhak,” katanya di lokasi penyerahan rumah di Gampong Mulia, Kamis 18 Maret 2021.

Wali kota juga menyatakan komitmennya untuk terus membangun rumah layak huni bagi warganya yang membutuhkan.

“Program ini akan akan terus kita lanjutkan kepada yang benar-benar berhak menerima bantuan rumah. Total sudah 108 rumah kita bangun. Bukan hanya lewat baitul mal, tapi Dinas Perkim dan pihak ketiga turut kita upayakan,” katanya lagi.

Ia pun mengharapkan akan semakin banyak muzakki yang menyalurkan zakat, infak, dan sedekahnya via Baitul Mal Banda Aceh. “Dengan begitu, akan semakin banyak pula warga fakir miskin yang bisa kita bantu. Insya Allah, semua dana zakat yang terkumpul kita kelola secara amanah dan salurkan secara transparan,” ujar Aminullah.

Salah satu penerima bantuan rumah, Nazariah, warga Gampong Mulia, hampir tak dapat berkata-kata saat disambangi wali kota dan rombongan. Janda dua anak tersebut, sudah begitu lama mengidamkan rumah layak huni bagi keluarga kecilnya.

“Alhamdulillah, setelah 10 tahun menunggu, akhirnya ya Allah kami bisa memiliki rumah untuk beribadah dengan tenang, dan tinggal dengan nyaman,” ujarnya terbata.

Ungkapan terima kasih pun ia ucapkan kepada wali kota, baitul mal, perangkat desa, dan para muzakki yang telah membantu dirinya dan keluarga. “Berkah umur dan rezeki bagi bapak-ibu semua. Dan semoga semakin banyak yang berzakat di baitul mal, sehingga lebih banyak warga kurang mampu seperti saya yang terbantu,” ujarnya lagi.

Turut hadir pada acara yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Banda Aceh Faisal, Plh Kepala Baitul Mal Muzakir Hanka, Camat Kuta Alam Reza Karmilin, Camat Kutaraja Arie Januar, Keuchik Gampong Jawa Mukhlis CP, Keuchik Gampong Mulia Syukriadi, dan tamu undangan lainnya.

Rubrik:GEMILANG

Komentar

Loading...