Satu unit rumah berkontruksi kayu di Desa Lampeuneuen Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar dilalap si jago merah, Selasa (1/12/2020) sekira pukul 12:49 WIB. Peristiwa kebakaran ini diduga akibat kompor yang lupa dimatikan, sehingga rumah yang diketahui milii Mawardi (41) dalam kondisi rusak berat.

Wali Kota Apresiasi Kecamatan Baiturrahman Tuntas Salurkan BLT

HUMAS PEMKO BANDA ACEHWali Kota Banda Aceh Aminullah Usman
A A A

BANDA ACEH – Seluruh Gampong (Desa) di Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh tuntas menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Bantuan yang berasal dari dana desa tersebut telah selesai disalurkan untuk 964 Kepala Keluarga (KK) yang berhak menerima.

Kesuksesan gampong-gampong di Kecamatan Baiturrahman ini mendapatkan apresiasi dari Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman.

“Semua gampong di Baiturrahman bahkan sudah tuntas menyalurkan BLT sebelum berakhirnya Bulan Mei, bahkan ada yang disalurkan sebelum Hari Raya. Ini pantas mendapatkan apresiasi,” ujar Aminullah, Minggu (31/5/2020) di Pendopo Wali Kota.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan 10 gampong dalam wilayah Baiturrahman merupakan langkah tepat, dimana seluruh warga yang berhak menerima BLT tersebut sangat membutuhkan.

“Mereka sangat membutuhkan bantuan ini, ketika perekonomian keluarga sedang sulit di tengah pandemi Covid-19 dan juga dapat digunakan untuk kebutuhan hari raya,” kata Wali Kota.

Wali Kota menilai, tuntasnya penyaluran BLT di wilayah Kecataman Baiturrahman tidak terlepas dari komunikasi dan koordinasi yang dibangun camat dengan keuchik, perangkat gampong serta pihak-pihak lain seperti dinas terkait.

Ia juga mengapresiasi langkah cepat seluruh pihak di kecamatan tersebut dalam sinkronisasi data sehingga BLT berhasil disalurkan lebih cepat. Untuk diketahui, bantuan yang bersumber dari dana desa tersebut tidak diperbolehkan bagi warga yang sudah menerima bantuan dari program-program pemerintah seperti kartu pra kerja, PKH, dan lain sebagainya.

“Ini patut ditiru oleh gampong-gampong di kecamatan lain. Bagaimana sinkronisasi data, kemudian komitmen dan kerja keras telah ditunjukan sehingga bantuan berhasil disalurkan lebih cepat sehingga dan dapat dimanfaatkan warga di saat yang tepat, dimana saat warga membutuhkan seperti hari raya,” harap mantan Dirut Bank Aceh ini.

Sebelumnya Camat Baiturrahman, Muhammad Rizal menyampaikan laporan kepada Wali Kota bahwa BLT yang bersumber dari dana desa telah selesai disalurkan kepada seluruh penerima. BLT dari dana desa tersebut tuntas disalurkan sebelum berakhir Bulan Mei 2020.

BLT tersebut merupakan bantuan tahap I, setiap penerima mendapatkan Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan.

Kata Rizal, gampong-gampong yang telah selesai menyalurkan BLT tersebut adalah Gampong Sukaramai, Kampung Baru, Seutui, Peuniti, Neusu Aceh, Ateuk Munjeng, Ateuk Jawo, Ateuk Pahlawan, Neusu Jaya dan Gampong Ateuk Deah Tanoh.

Rubrik:BANDA ACEH

Komentar

Loading...