Aksi unjuk rasa yang yang dilakukan oleh Petani Kopi Menangis (PKM) di depan gedung DPRK Bener Meriah terjadi saling dorong dengan petugas keamanan. Satpol PP dan Personel Polres Bener Meriah menjadi benteng terdepan untuk menahan para pendomo untuk menerobos gedung DPRK Bener Meriah. Senin (19/10/2020)

Wali Kota Akan Serahkan Bantuan Peralatan Usaha kepada UMKM

HUMAS PEMKO BANDA ACEHWali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman
A A A

BANDA ACEH – Kabar gembira bagi pelaku usaha mikro di Banda Aceh. Wali Kota akan memberikan bantuan peralatan usaha/kerja bagi pelaku UMKM. Yang akan mendapatkan bantuan ini adalah para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan tersebut akan diserahkan langsung Wali Kota Aminullah Usman pada Kamis, 1 Oktober mendatang.

“InsyaAllah bantuan untuk pelaku usaha mikro ini akan segera kita bagikan. Ini untuk membantu pelaku UMKM yang terdampak Covid-19,” ujar Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Selasa (29/9/2020).

Wali Kota berharap bantuan peralatan usaha/kerja tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan dan mengembangkan aktifitas pelaku usaha mikro sehingga mampu bertahan dan tetap produktif meski di tengah pandemi Covid-19 belum mereda.

“Manfaatkalah barang dan peralatan usaha ini dengan sebaik-baiknya untuk memperkuat aktifitas usaha. Tolong jangan di jual atau dialihkan kepada pihak lain. InsyaAlah Pemko melalui Dinas Kop, UKM dan Perdagangan akan terus memonitor dan melakukan pembinaan,” ujar Wali Kota yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Aceh ini.

Wali Kota kemudian menyampaikan komitmen Pemko untuk memberi perhatian yang serius terhadap upaya-upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi, terutama untuk membantu pelaku UMKM.

“Saya akan mengajak berbagai pihak untuk berkontribusi dan dapat membantu pelaku UMKM di Kota Banda Aceh,” tambah Aminullah.

Informasi dari Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh, M Nurdin S Sos, para pelaku usaha mikro yang menerima bantuan peralatan tersebut sudah melalui proses seleksi yang dilakukan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Banda Aceh sejak tanggal 10 September 2020 yang lalu.

Kata M Nurdin, proses pendaftaran dilakukan secara online melalui link bit.ly/bantuanperalatanusaha.

“Pelaku UMKM yang akan mendapatkan bantuan peralatan usaha/kerja dari Wali Kota sudah diseleksi dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, bantuan peralatan usaha atau peralatan kerja untuk usaha mikro yang akan diserahkan Wali Kota tersebut terdiri dari 40 set peralatan usaha pembuatan kue, 20 set peralatan usaha katering, 10 set peralatan usaha warung kopi, 10 set peralatan usaha tukang perabot, 10 set peralatan usaha tukang bengkel dan 10 set peralatan tukang bangunan.

“Bantuan peralatan usaha/kerja tersebut bersumber dari anggaran bantuan yang bersifat khusus dari Pemerintah Aceh untuk penanganan dampak Covid-19 di Kota Banda Aceh Tahun Anggaran 2020,” ungkapnya.

Lanjutnya, penyerahan bantuan akan dilakukan secara simbolis oleh Walikota Banda Aceh kepada 18 orang pelaku usaha mikro.

Lanjutnya, bantuan peralatan usaha/kerja tersebut merupakan salah-satu diantara program Pemerintah Kota Banda Aceh dalam rangka penanganan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Pemko telah memilih dan menetapkan jenis peralatan usaha yang saat ini dominan dilakukan oleh pelaku usaha mikro. Proses seleksi calon penerima dilakukan secara transparan dan objektif oleh tim yang turun ke lapangan untuk kelayakan menerima bantuan peralatan tersebut.

Rubrik:BANDA ACEH

Komentar

Loading...