Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Jubir Satgas

Vaksin Covid-19 Tak Batalkan Puasa

Ilham Abdi
A A A

REDELONG - Penyuntikan vaksin selama bulan Ramadhan tidak membatalkan puasa. Hal tersebut sesuai fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 saat berpuasa.

"Dalam fatwa tersebut, disebutkan bahwa pemberian vaksin dengan cara disuntikkan (intramuscular) tidak membatalkan puasa," kata Kepala Dinas Kominfo Bener Meriah yang juga Jubir Satgas Covid-19, Ilham Abdi, Selasa, 6 April 2021.

MUI dalam fatwa tersebut menyatakan, vaksin Covid-19 bagi umat Islam yang berpuasa dengan injeksi intramuscular hukumnya boleh sepanjang tidak menyebabkan bahaya.

"Pemberian vaksin pada malam hari juga diperbolehkan dengan mempertimbangkan kondisi fisik selama puasa berlangsung," terangnya.

Ilham juga mengupdate kondisi perkembangan Covid-19 di daerah tersebut.

Menurutnya, saat ini di Bener Meriah terdapat 176 kasus positif, dengan 166 orang sembuh, delapan meninggal dunia dan dua menjalani isolasi mandiri.

Sementara untuk kasus suspect terdapat 98 orang dan semuanya telah selesai masa pemantauannya.

Sementara untuk kasus probable sebanyak 30 orang, dengan 25 sudah selesai masa pemantauannya dan 5 orang meninggal dunia.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...