Isu dugaan pembelian tiga unit Kapal Aceh Hebat oleh Pemerintah Aceh yang diduga barang bekas terus bersileweran di laman media sosial. Apalagi setelah terjadi aksi unjuk rasa di depan Kantor Dinas Perhubungan Aceh tepatnya di Jalan Mayjend T Hamzah Bendahara No 52, Kuta Alam, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh beberapa waktu lalu. Bermula dari itu, masyarakat di Aceh ingin mengetahui terkait informasi akurat mengenai pengadaan Kapal Aceh Hebat, 1, 2, dan 3 tersebut. "Cuma kita lihat dari luar aja, cuma ditekan tombol besar sebagi bukti peluncuran ke laut. Lalu kami diajak ke tempat makan-makan dengan alasan kapal balik lagi," kata sumber media ini yang mengaku hadir pada saat itu.

Trump Tinggalkan Surat untuk Joe Biden

APPresiden AS Donald Trump dan Ibu Negara Melania.
A A A

JAKARTA- Presiden Amerika Setempat Donald Trump disebut telah meninggalkan sebuah surat untuk penerusnya, Joe Biden yang akan dilantik pada Rabu (20/1) waktu setempat.
Tapi tidak jelas isi surat tersebut.

Hal itu disampaikan oleh juru bicara Judd Deere kepada AFP beberapa menit setelah Trump meninggalkan Gedung Putih pada Rabu pagi.

Sebagaimana diketahui, Trump, yang kerap menolak kekalahannya dalam pemilihan presiden 2020, tidak pernah memberi selamat kepada Biden atas kemenangannya.

Tapi empat tahun lalu, mantan presiden Barack Obama meninggalkan surat kepada Trump. Ia meninggalkan catatan itu di Oval Office, sesuai dengan tradisi kepresidenan.

"Kami hanya penghuni sementara di kantor ini," tulis Obama.

"Itu membuat kita menjadi pelindung dari institusi dan tradisi demokrasi yang diperjuangkan oleh leluhur kita. Terlepas dari dorongan dan tarikan politik sehari-hari, terserah kita untuk meninggalkan instrumen demokrasi kita setidaknya sekuat yang kita temukan," ucap dia.

Salah satu tradisi modern di Hari Inaugurasi Presiden AS yakni presiden yang lengser akan meninggalkan surat kepada penerus mereka.

Isinya dapat berupa harapan dan nasihat yang baik. Biasanya, surat itu akan diletakkan di Meja Resolusi (Resolute Desk) saat presiden baru memasuki Oval Office untuk pertama kali.

Sumber:CNN Indonesia
Rubrik:DUNIA

Komentar

Loading...