Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Triwulan Pertama, DPM-PTSP Kota Banda Aceh Didatangi 9.292 Pengunjung

Mal Pelayanan Publik
A A A

BANDA ACEH - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Banda Aceh didatangi setidaknya 9.292 orang pengunjung sepanjang triwulan pertama Tahun 2021.

Kepala DPM-PTSP Kota Banda Aceh Muchlish SH melalui Kepala Bidang Pelayanan Informasi dan Pengaduan Bujang Sahputra, S.Kom mengatakan, pengunjung yang datang, mayoritasnya untuk memperoleh pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) di bawah pengelolaan pihaknya.

Ia menyebutkan, berdasarkan data yang dihimpun oleh pihaknya, jumlah pengunjung terus meningkat sejak bulan Januari hingga Maret lalu. Khusus Bulan Maret, DPM-PTSP Kota Banda Aceh kedatangan banyak calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang didominasi oleh perempuan.

Bantuan ini untuk pelaku usaha yang memiliki kegiatan usaha mikro atau UMKM seperti pedagang pasar, PKL, industri rumah tangga, usaha rumah tangga dan lain-lain yang terdampak Covid-19 dan tidak terakses kredit KUR.

“Stimulus dari Pemerintah Pusat ini untuk katagori usaha mikro dengan salah satu persyaratannya adalah memiliki Nomor Induk Berusaha atau NIB sebagai legalitas usaha dari pemerintah, sehingga pada bulan Maret kunjungan ke DPM-PTSP melonjak tajam melayani dua kali lipat jumlah bulan sebelumnya yaitu sebanyak 940 pelaku usaha,” jelasnya.

Sementara itu counter layanan dari SAMSAT, BPJS Kesehatan dan DISDUKCAPIL pada MPP juga sangat diminati oleh warga, kinerja ketiga instansi tersebut terlihat dari jumlah pengunjung yang dilayani setiap bulannya stabil dan terus meningkat.

Adapun dari total 9.292 pengunjung kata Bujang, didominasi oleh kaum laki-laki sebanyak 5.065 orang sedangkan perempuan sebanyak 4.227 orang.

Semoga warga dapat menikmati kemudahan dari segala pelayanan yang hadir di MPP Kota Banda Aceh.[]

Rubrik:GEMILANG

Komentar

Loading...