Seorang warga Cot Gapu Kecamatan Kota Juang, Bireuen yang berdomisili di Lampriet, Kuta Alam Banda Aceh meninggal dunia saat sedang menikmati makan siang di salah satu warung nasi yang berada di kawasan Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Senin (25/5/2020).

Khenduri Blang

Tradisi Masyarakat Sebelum Turun ke Sawah

MUHAMMAD FAISALDeretan rantang menu makanan dan benih padi diPeusijuek (tepung tawar), Kamis(16/4/2020).
A A A

ACEH TIMUR-Sejumlah warga dari kalangan petani di Desa Seuneubok Dalam, Kecamatan Idi Tunong, Kabupaten Aceh Timur berkumpul di sebuah kebun dekat areal persawahan, sekitar pukul 11.00 WIB. Kamis (16/4/2020).

Para petani berkumpulan untuk membaca surat Yasin dipimpin oleh Tgk Sulaiman (Imam Desa), dan berdoa bersama-sama di bawah pohon yang rindang, dengan hembusan angin sawah sebelum menikmati kenduri.

“Kenduri Blang,(Syukuran Sawah) yang kami laksanakan saat menjelang turun ke sawah berlangsung turun-temurun dan masih tetap kami laksanakan sampai saat ini,” kata Tgk Imam.

Faisal Ridha, (35 tahun) selaku Ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Gampong Seuneubok Dalam, bersama masyarakat petani, mengumumkan kepada petani tentang pengunaan air dan gotong royong bersama, sebelum turun ke sawah dan menetapkan kembali jadwal turun ke sawah bagi petani.

"Hari ini kita berkumpul disini untuk membahas tentang pelaksanaan turun kesawah, baik gotong royang dan waktu tanam, menginat sebentar lagi ramadhan dan musim hujan,"ujar nya.

Bagi petani di Seuneubok Dalam belum lengkap jika usai panen padi sebelum melakukan kenduri, selain itu, kenduri juga merupakan salah satu kegiatan adat, atau bisa disebut kegiatan makan bersama dan peusijuek baik bibit maupun para petani padi dilingkungan areal sawah tempat petani bercocok tanam.

"Kenduri ini berlangsung meriah dari pada hari hari sebelumnya, dikarnaka banyaknya anak-anak yang hadir dikarnakan libur sekolah ditengah wabah Corona,"imbuh nya

Kenduri yang disertai dengan doa dilaksanakan agar tanaman padi bebas dari penyakit dan hama yang berbahaya, selain itu juga, terbangunnya silaturahmi masyarakat dan nilai lain yang terkandung sebagai wujud rasa syukur petani atas rezeki yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...