Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

TNI Lakukan Penghijauan dengan Bibit Durian di Aceh Utara

SAID AQIL Penanaman bibit durian
A A A

ACEH UTARA - Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro SE didampingi oleh Komandan Kodim 0103/Aut menanam bibit durian di desa Serkey Kabupaten Aceh Utara, Kamis (18/03/2021).

Penanaman pohon dengan jenis bibit Durian tersebut dilaksanakan di Desa Serkey, Kecamatan Langkahan, kabupaten Aceh Utara, kegiatan ini guna untuk menjaga kelestarian lingkungan serta menghijaukan kembali lahan.

Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro mengatakan, kegiatan penanaman atau penghijauan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, Kegiatan yang dilaksanakan adalah sebagai upaya mendukung program penghijauan yang dicanangkan pemerintah maupun oleh TNI AD Khususnya di Wilayah Kodim 0103/Aceh Utara secara serentak di seluruh Indonesia.

Penanaman bibit pohon Durian di lokasi tersebut sebanyak 30 bibit, penanaman dibantu masyarakat setempat.

Lanjut Komandan Kodim Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto SAP menjelaskan TNI terjun langsung bersama masyarakat untuk penanaman pohon durian tersebut, adalah sebagai bentuk kerjasama antara Aparat TNI dengan Masyarakat dan untuk mempererat Tali silaturahmi.

"Melalui penghijauan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi keseimbangan alam, Menanam pohon sama juga dengan menghijaukan kembali alam, dengan demikian lingkungan akan menjadi sejuk, segar dan asri," ucap Dandim.

Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi manfaat yang diperoleh. Moment ini dapat juga sebagai wahana mengajarkan kepada generasi muda untuk mencintai alam, dengan mencintai alam maka kehidupan akan nyaman.

Menanam sama juga menabung untuk hari depan. Pohon yang sudah ditanam sekarang suatu saat nanti kalau sudah besar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama masyarakat Desa Serkey.

Sementara itu, Tumino salah satu warga mengucapkan banyak terima kasih atas bibit yang telah diberikan khususnya kepada pihak Korem 011/Lilawangsa dan Kodim 0103/Aut.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...