Juru Bicara Partai Aceh, Nurzahri ST, narasumber peHTem edisi Kamis 24 Juni 2021 episode 50 dengan tema: Dewan Partai Aceh Sibuk Pokir, Peringatan Muzakir Manaf Serius atau Sensasi?, dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Tips 6 Langkah Amankan Data Diri di Smartphone

securityinformed.comMobile
A A A

JAKARTA - Penting bagi pengguna smartphone untuk menjaga data diri yang tersimpan di ponsel pintarnya. Karena saat ini banyak orang tak bertanggung jawab memanfaatkan data diri orang lain untuk melakukan kejahatan, maupun menjualnya ke pihak ketiga.

Lalu apa yang perlu dilakukan untuk menjaga keamanan data di ponsel pintar? Dilansir dari lifehack.org, Anda bisa mempraktekkan enam langkah amankan data diri berikut:

Gunakan Kata Sandi Pengunci Layar

Gunakan kata sandi penguncian layar agar data pribadi tidak bisa diakses begitu saja oleh orang yang memegang ponsel Anda. Buatlah kode sandi yang sulit, jangan gunakan tanggal lahir, nama, maupun informasi yang mudah dikenali orang lain. Selain itu, sebagian ahli bependapat kode pin sandi lebih aman dibandingkan pola gesek.

Selektif Mengunduh Aplikasi

Selektiflah sebelum memutuskan menginstal aplikasi baru di ponsel, downloadlah aplikasi di layanan Appstore yang sudah terpercaya, seperti iTunes, Amazon dan lain-lain. Selain itu, periksalah ulasan-ulasan yang diberikan pengguna pada aplikasi yang ingin Anda instal.

Jangan Klik Tautan yang Mencurigakan

Cermati tautan-tautan yang muncul di ponsel Anda, jangan sembarangan mengkliknya, apalagi jika URL tersebut meminta Anda mengisi data pribadi. Lakukan riset terlebih dahulu sebelum mengklik URL yang mencurigakan.

Aktifkan Penghapusan Jarak Jauh

Saat ponsel hilang layanan pengahapusan jarak jauh dapat sangat berguna agar data diri Anda tak disalah gunakan orang tak bertanggung jawab. Anda bisa mencari tutorial maupun aplikasi penghapusan jarak jauh di internet. Bagi pengguna iPhone, hanya perlu mengaktifkan fitur “Temukan Ponsel Saya” di perangkat ponsel.

Hindari Menggunakan WiFi Terbuka

Hindari menggunakan jaringan Wi-Fi terbuka yang tidak dikenal, karena bisa saja ketika digunakan layanan ini malah mencuri data pribadi Anda.

Catat IMEI Ponsel Anda

Setiap ponsel memiliki lima belas digit nomor seri yang disebut IMEI (International Mobile Equipment Identity) yang membantu mempercepat penemuan ponsel yang hilang atau dicuri. Anda dapat menemukan IMEI di belakang ponsel maupun di pengaturan ponsel.

Mulailah mempertimbangkan melakukan pengamanan data diri di smartphone, guna meminimalisir terjadinya kebocoran data pribadi yang dapat disalahgunakan orang tidak bertanggung jawab.[]

Sumber:TEMPO.co
Rubrik:TEKNO

Komentar

Loading...