Ketua Komisi V DPRA, M. Rizal Falevi Kirani, kembali menjadi narasumber peHTem edisi Kamis, 6 Oktober 2022 episode ke 14 Tahun ke 3 dengan tema: Peran Anggota DPRA dalam Memperjuangkan JKA yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Tingkatkan Pelayanan Inovasi Adminduk, Disdukcapil Kabupaten Bener Meriah Gelar FGD Lintas Sektor

IstPlt Asisten I Setdakab Bener Meriah menyampaikan sambutanya saat pembukaan FGD Adminduk
A A A

ACEHIMAGE.COM – Administarsi kependudukan adalah domumen pentinga bagi setiap orang, baik itu Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kematian.

Untuk itu, guna pemenuhan Adminduk secara cepat dan gampang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bener Meriah meluncurkan beberapa inovasi, diantaranya inovasi Alib Bata ( Anak lahir bidan beri akta) serta inovasi Wan Ni Pakat Te (Warga nikah, nikmati paket kartu keluarga tercatat dan KTP Elektronik).

Inovasi yang diluncurkan Disdukcapil Bener Meriah tersebut begitu banyak memberikan manfaat bagi warga Bener Meriah yang membutuhkan dokumen kependudukan. Bahkan, inovasi Alib Bata tersebut telah mendapat apresiasi dari Deputi bidang PP Kemenpan RB.

Guna terus meningkatkan kapasitas pelayanan, Disdukcapil Bener Meriah menggelar Forum Group Discussion (FGD ) peningkatan kapasitas layanan inovasi bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi lintas sektor.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil ) Kabupaten Bener Meriah melalui Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Eriyanto Abduh Yunus SH menyampaikan, FGD tersebut diikuti sebanyak 133 peserta yang terdiri dari Bidan Desa, Bidan Puskesmas, Bidan Rumah Sakit Umum dan swasta, para kepala KUA, para operator KUA, perwakilan PRK 10 Kecamatan.

Menurut Eriyanto, FGD tersebut dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan layanan inovasi adminduk kolaborasi dengan OPD terkait dan instansi lintas sektor di Kabupaten Bener Meriah.

“Mudah-mudahan melalui FGD ini, kolaborasi tersebut berjalan efektif dan efisien pemenuhan Adminduk seluruh warga yang membutuhkan dokumen kependudukannya sesuai ketentuan yang berlaku,”harap Eriyanto.

Sementara itu, Plt  Asisten Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh, dan Kesra Setdakab Bener Meriah Khairmansyah dalam arahanya pembukaan FGD itu menyampaikan, pengaduan masyarakat dalam pelayanan publik biasa terjadi, apalagi ketika masyarakat selaku pengguna layanan tidak puas atas pelayanan yang ada.

Mekanisme atau standar layanan publik yang telah kita tetapkan, tidak menjamin bahwa kita selaku penyelenggara memiliki kualitas yang baik. “Oleh karena itu, kita penting untuk mengelola bahkan meningkatkan layanan melalui inovasi-inovasi seperti beberapa program yang telah kita dilahirkan beberapa waktu lalu.

Seperti program inovasi Alib Bata (Anak Lahir, Bidan Beri Akta), kita punya program Wan Ni Pakat Te (Warga Nikah, Nikmati Paket Kartu Keluarga Tercatat dan KTP Elektronik) itu merupakan suatu keberhasilan dari inovasi-inovasi program yang telah dilahirkan berkat kerjasama beberapa pihak. Ungkap Kharimansyah

“Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan kepuasan layanan yang diterima oleh masyarakat, serta untuk menunjang kapasitas aparatur kita selaku penyedia layanan,”jelasnya.

Kharimansyah mengingatkan, agar tidak lengah sebab, dengan jaringan media yang semakin luas menuntut kita untuk terus menciptakan berbagai program yang bisa memberikan kemudahan, yang tentunya untuk mencapai sistem pemerintahan yang transparansi dan akuntabel. Tegas Plt Asisten I Setdakab Bener Meriah itu.

Untuk itu, katanya lagi, ia berharap apa yang telah dicapai, bisa menjadi motivasi bagi OPD-OPD dan instansi lintas sektoral untuk dapat memunculkan inovasi-inovasi lain sesuai dengan bidangnya masing-masing. “Perlu kita ketahui, inovasi itu tidak harus “hal yang baru”, tetapi kita bisa sedikit mencontoh best-practice dari daerah yang lain dengan metode ATM, yakni Amati, Tiru, dan Modifikasi.

FGD yang dilaksanakan seperti ini, merupakan hal yang sangat penting sebagai salah satu sarana untuk melakukan pendekatan dalam rangka untuk memaksimalkan dan menjaring aspirasi masyarakat, dan menerima masukan yang berkaitan dengan penyelarasan kegiatan yang bisa dijadikan sebagai acuan penajaman program prioritas dalam rencana kerja tahun mendatang.

Tentunya,  kita harus mendengar, mengadopsi, dan mengakomodir harapan-harapan dari masyarakat dengan pendekatan-pendekatan yang partisipatif. “Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Bener Meriah, kami sangat mengapresiasi kegiatan FGD ini sebagai media untuk menjaring aspirasi masyarakat, khususnya saran dan masukan dalam pelayanan di bidang administrasi kependudukan. Ucapnya.

Kharimansyah meminta kepada seluruh peserta, untuk mampu mendekatkan pelayanan demi terwujudnya kepuasan masyarakat dan pelayanan prima. Dia juga meminta kepada narasumber agar dapat mengedukasi dan memberikan pemahaman terkait pentingnya inovasi dalam meningkatkan kapasitas dan layanan. “Target utama dari tujuan kita ini adalah agar masyarakat Kabupaten Bener Meriah bisa mendapatkan berbagai layanan dengan mudah, cepat dan murah,”Pungkasnya.[]

Komentar

Loading...