Mantan Ketua Umum Persiraja, Asri Sulaiman, menjadi narasumber peHTem edisi Senin 29 November 2021 episode 29 Tahun ke II dengan tema: Gagal Mentas Di PORA, Sepak Bola Banda Aceh Semakin Terpuruk, yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Tingkatkan PAD Kampung BUMK Kampung Timur Jaya Kembangkan Tanaman Kentang

IstKentang BUMK Timur Jaya yang dipanenn
A A A

BENER MERIAH – Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) Kampung, Badan Usaha Milik Kampung ( BUMK ) Kampung Timur Jaya, Kecamatan Permata, Kabupaten Bener Meriah mengembangkan tanaman kentang.

Budidaya kentang yang dikembangakan BUMK Kampung Timur Jaya tersebut hari ini mulai dipanen. Panen perdana tersebut turut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Bener Meriah, drh Sofyan mewakili Pemkab Bener Meriah. Rabu, 3 November 2021.

Dalam kesempatan itu, Asisten II Setdakab Bener Meriah itu menyampaikan apresiasi kepada BUMK Kampung Timur Jaya atas keseriusan dalam upaya meningkatkan PAD kampung.

Mantan Kadis DPMK itu menambahkan, kedepanya, selain membudidayakan tanaman kentang juga diharapkan BUMK Timur Jaya mampu memproduksi benih kentang secara mandiri dan nantinya benih kentang itu juga dapat menambah PAD. Pinta Sofyan.

“Dengan meningkatnya PAD Kampung, maka akan banyak program pemberdayaan, pengembangan dan program lainnya dapat dilaksanakan,” katanya

“Ini adalah merupakan hasil kerjasama masyarakat secara bergotong royong, untuk budidaya kentang yang di danai dari dana desa,” tambahnya.

Menurut Sofyan, hal tersebut  merupakan wujud kepedulian pemerintah melalui dana desa. Tukasnya

Sementara itu, Koramil 05/Permata Serda Misber yang turut hadir mengikuti panen perdana kentang milik BUMK Kampung Timur Jaya itu menyampaikan, kentang yang dipanen hari ini adalah suatu upaya yang dilakukan BUMK dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan pendapatan Kampung di masa pandemi Covid-19.

Kurang lebih selama tiga ( 3 ) bulan mereka menunggu momen bahagia ini, sebab dalam kurun waktu tiga bulan tersebut, mereka merawat menyemprot dan memupuk agar hasilnya maksimal.

Dalam peningkatan ekonomi masyarakat di tengah pandemi, personel Koramil 05/Permata melalui Bintara Pembina desa ( Babinsa ) gencar memberikan edukasi, pendampingan hingga membantu warga merawat kentang dari awal tanam, perawatan dan panen hari ini untuk mendukung ketahanan pangan di daerah.

“Informasi dari Babinsa hasil benih 500 kilogram yang ditanam, mereka menghasilkan 6 ton menurut kita ini hasilnya cukup lumayan dengan kualitas kentang yang baik,” Ujarnya

Kegiatan seperti ini perlu di contoh oleh Desa ataupun Kampung yang lain di Kecamatan Permata khususnya para pemuda agar lebih produktif dan dapat menambah nilai ekonomi di tengah pandemi Covid 19. Tandasnya []

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...