Praktisi Pendidikan, Drs. Ramli Rasyid, M.Si, M.Pd kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 6 Februari 2023 episode ke 49 Tahun ke 3 dengan tema: Siswa Berprestasi Gagal Sekolah di Mosa, Benarkah Ketua Komite Diduga Kongkalikong dengan Kepala Sekolah Soal Dana Sumbangan? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Tim Supervisi Korwasda Kunjungi SMA Negeri 1 Syiah Utama

IMG-20220923-WA0006
A A A

ACEHIMAGE.COM - Dalam rangka memastikan efektivitas serta mutu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran baik akademik maupun manajerial tim supervisi Koordinator Pengawas Daerah (Korwasda ) SMA,SMK dan SLB cabang Bener Meriah melakukan kunjungan kerja ke SMA Negeri 1 Syiah Utama, Samar Kilang, Kabupaten Benar Meriah. Kamis, 22 September 2022.

Kehadiran tim supervisi Korwasda yang diketuai oleh Drs Kahirussalim disambut hangat civitas akademik SMA Negeri 1 Syiah Utama.

Perjalanan dari ibu kota Bener Meriah menuju sekolah yang terletak paling ujung sebelah timur di Kabupaten penghasil Kopi Arabika Gayo itu menempuh jarak 57 kilometer.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Syiah Utama, Marsono dalam sambutanya mengucapkan ahlan wa sahlan, selamat datang kepada tim supervisi Korwasda, kami sangat senang dan merasa bahagia.

"Tim supervisi Korwasda ini sangat bermanfaat bagi kami karena dapat membimbing dan mensupervisi kami untuk memastiakn efektivitas dan mutu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah kami dapat berjalan dengan baik,"kata Marsono

Lebih lanjut Marsono mengatakan, pihaknya siap menerima dan menjalankan arahan dan bimbingan dari pengawas.

Sementara itu, Ketua Korwasda Drs Kahirussalim yang didampingi pengawas pembina SMA Negeri 1 Syiah Utama Razeskansyah mengatakan, bahwa Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 21 Tahun 2010 pasal 5 menyatakan bahwa, Tugas pokok pengawas sekolah adalah melaksanakan tugas pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan yang meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pemantauan pelaksanaan delapan standar Nasional Pendidikan.

Selain itu penilaian, pembimbingan dan pelatihan profesional guru, evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan, dan pelaksanaan tugas kepengawasan  di daerah khusus.

Sasaran pengawasan (supervisi) akademik adalah kinerja guru dalam pembelajaran sedangkan sasaran pengawasan (supervisi) manajerial yaitu kinerja kepala sekolah dalam mengelola satuan pendidikan yang dipimpinnya.

Sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP), supervisi akademik meliputi standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian. Ungkap Kahirumssalim

Sedangkan supervisi manajerial, katanya meliputi standar tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.

Diakhir arahan dan bimbingannya Khairussalim dan Razekansyah sangat mengapresiasi atas tampilan wajah sekolah yang semakin baik yang dicapai oleh SMA negeri 1 Syiah Utama semasa dua bulan kepemimpinan Marsono.

Tim yang berjumlah enam orang tersebut juga melakukan pengecekan ke ruang kelas, kantor administrasi untuk mensupervisi guru, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah serta untuk memastikan segala bentuk administrasi dan perangkat pembelajaran telah sesuai dengan standar yang berlaku.

Rangkaia kunjungan kerja Tim supervisi korwasda diakhiri dengan sholat berjama’ah, makan siang dan foto bersama (Mr)

 

Komentar

Loading...