Pimpinan Dayah Khamsatu Anwar Aceh Besar, Dr. Tgk Sirajuddin Saman, S.Pd.I, MA (Abi Doktor) menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 26 Mei 2022 episode ke 80 Tahun ke II dengan tema: Kadis Pariwisata Aceh Undang Wulan Guritno Pamer Aurat di Nanggroe Syariah?, yang dipandu oleh host Siti Aminah, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Tim Gabungan Giring Gajah Liar dari Pemukiman Warga Kampung Blang Rakal

For acehimage.comProses evakuasi gajah liar dari pemukaman warga
A A A

ACEHIMAGE.COM – Tim gabungan terdiri dari personel TNI Kodim 0119/Bener Meriah, tim balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA ) Aceh, BPBD Bener Meriah, CRU, Camat dan masyarakat Pintu Rime Gayo menggiring gajah liar dari arena pemukiman warga Kampung Blang Rakal, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah. Sabtu, 5 Februari 2022.

Tim gabungan di bantu dua ekor gajah jinak sebelumnya telah melakukan koordinasi yang matang untuk melakukan penyisiran keberadaan dua ekor gajah liar yang berada disekitar perkebunan, bahkan hewan yang dilindungi itu mondar-mandir di area pemukiman warga yang membuat masyarakat Blang Rakal resah.

Komandan Kodim 0119/BM, Letnan Kolonel Inf Eko Wahyu Sugiarto melalui Danramil 04/PRG Kapten Inf Arianto mengatakan, setelah tim gabungan  menemukan keberadaan seekor gajah liar tersebut, tim gabungan  langsung melumpuhkan dengan cara dibius menggunakan tembakan senapan khusus.

Arianto menambahkan, pasca dibius gajah gajah liar itu kondisinya dalam keadaan setengah sadar, disaat itulah tim langsung melakukan pengeringan secara perlahan dengan menggunakan gajah jinak milik BKSDA ke pinggir jalan untuk dievakuasi menggunakan truk yang telah disiapkan menuju lokasi CRU yang bertempat di dusun Sayang, Kampung Negeri Antara KM 40.

“Dalam keadaan setengah sadar, tim melakukan penggiringan gajah liar itu untuk naik ke dalam truk yang disediakan yang akan dievakuasi ke CRU guna proses penjinakan ke daerah aman dan jauh dari pemukiman warga,” kata Arianto.

Ia menerangkan, proses pencarian hingga translokasi (pemindahan tempat) menghabiskan waktu kurang lebih 6 Jam di mulai pukul 09.00 WIB hingga Pukul 14. 00 WIB dan  dinyatakan selesai namun akan dilanjutkan esok hari karena seekor gajah liar belum diketahui keberadaannya.

“pencarain akan dilakukan esok hari oleh tim yang setap stand by, mudah-mudahan tidak ada kendala dalam proses pemindahan nantinya dan tim secepatnya dapat menemukan keberadaan gajah liar itu,”ungkap Arianto.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...