Dr. Zainuddin, SE, M.Si, Pakar Ekonomi dan juga Dekan Fakultas Ekonomi USM, narasumber peHTem edisi Kamis 17 Juni 2021 episode 48 dengan tema: Setelah Pedagang Dipaksa Hengkang, Tepatkah Pasar Penayong Jadi Wisata Kuliner? dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Ini Penyebab

Tikus Suka Bikin Sarang di Ruang Mesin

Int
A A A

JAKARTA – Tikus merupakan hewan pengerat yang merugikan, bahkan bagi para pemilik mobil. Jika tidak waspada, tikus bisa membuat sarang di dalam mobil, salah satunya bagian ruang mesin.
Lalu mengapa tikus bisa masuk bahkan bersarang di ruang mesin mobil?

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan ruang mesin bisa dimasuki oleh tikus.

Pertama karena ruang mesin cenderung lebih hangat dibanding area lainnya. Bahkan bukan cuma tikus, kucing pun sering diam di ruang mesin,” ucap Suparna kepada Kompas.com, Rabu (2/6/2021).

Faktor yang kedua adalah karena kendaraan yang jarang dipakai. Suparna mengatakan, tikus sering mencari tempat berlindung dan bersembunyi, ruang mesin bisa menjadi salah satu tempatnya.

“Ketiga, di ruang mesin ada material-material yang mengundang tikus untuk masuk ke situ. Misalnya ada kabel-kabel, lalu plastik yang biasanya digigiti oleh tikus,” kata Suparna.

Hewan pengerat, misalnya tikus membutuhkan benda untuk digigit dengan material tertentu. Itulah mengapa tikus sering bersarang di ruang mesin, karena hangat, nyaman dan dipenuhi material yang merangsang tikus untuk masuk ke dalam.

Untuk mencegahnya, pemilik mobil harus sering mengecek kondisi ruang mesin dan membersihkannya.

Perhatikan pula lokasi parkir, biasanya kendaraan yang diparkir di luar rumah atau berdekatan dengan selokan akan mudah didatangi tikus.[]

Rubrik:NASIONAL

Komentar

Loading...