Sekretaris Pusham Unsyiah, Suraiya Kamaruzzaman, menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 20 Januari 2022 episode ke 44 Tahun ke II dengan tema: Apakah Cambuk Solusi Terakhir Bagi Predator Seksual?, yang dipandu oleh host Siti Aminah Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Tertibkan Angkutan Bongkar Muat Barang, Plt Bupati Tegaskan Akan Menindak Tegas Yang Melanggar

SamsuddinUsai Rakor penertiban bongkar muat barang
A A A

ACEHIMAGE.COM – Dalam rangka mendorong percepatan peneyelengaraan pengoperasiaan terminal dan pengelolaan parkir muat barang diterminal terpadu ketipis Kabupaten Bener Meriah, Pemkab Bener Meriah melalui unsur terkait akan menertibkan bongkar muat barang.

Hal itu guna mengimplementasikan  Peraturan Gubernur Aceh ( Pergub ) nomor 48 tahun 2018 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas, fungsi dan tata kerja unit pelaksana teknis daerah penyelenggara terminal Tipe B pada Dinas Perhubungan Aceh serta Peraturan Bupati Bener Meriah nomor 33 tahun 2020 tentang penyelenggaraan pengelola parkir bongkar muat barang dalam Kabupaten Bener Meriah.

Untuk menertibkan dan mengoperasikan terminal terpadu Ketipis sebagai sentral bongkar muat barang,  Pemerintah daerah Bener Meriah melalui Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Polres Bener Meriah, Satpol PP dan Organda beserta unsur terkait lainya menggelar rapat koordinasi ( Rakor ), Selasa, 4 Januari 2021 di Terminal Terpadu Ketipis.

Dalam laporan, Kepala Dinas Perhubungan Bener Meriah, Abdul Gani menyampaikan, penerapan bongkar muat barang adalah menindaklanjuti Instruksi Bupati Bener Meriah tahun 2021 tentang larangan aktivitas angkatan penumpang dan angkutan barang di luar terminal terpadu ketipis.

Menurutnya, dalam penertiban itu perlu kerjasama semua pihak sehingga pengoperasiaan terminal terpadu dapat optimal. Selain itu, juga dapat mengurangi resiko kerusakan jalan akibat mobil yang melebihi tonase melintas di jalan-jalan yang tidak sesuai tonasenya. Jelasnya

Sementara dalam arahan, Plt Bupati Bener Meriah, Dailami mengatakan, terminal bongkar muat barang ini harus segera  diaktifkan ini guna untuk mendisiplinkan aktivitas bongkar muat barang di sembarang tempat.

“Bener Meriah ini adalah miniaturnya Indonesia, kendati kotanya kecil namun beragam suku ada di daerah ini. untuk itu keindahan daerah ini perlu dijaga terutama fasilitas jalan, karena jalan adalah satu-satunya akses yang sangat di butuhkan,”kata Dailami

“Maka dari itu kita perlu tertibkan para angkutan yang mengangkut barang yang melebihi kapasitas muatan barang, dengan dilakukannya penertiban maka jalan-jalan yang ada di Bener Meriah kondisinya akan baik ,”tambah Dailami.

Dailami menegaskan, truk  angkutan barang yang melanggar peraturan yang telah dibuat oleh Pemerintah daerah maka akan dikenakan sanksi tegas.

Ia menyebutkan, armada yang berkapasitas muatan besar harus melakukan bongkar muat terlebih dahu di terminal bongkar muat barang Ketipis, dan selanjutnya barang akan didistribusikan oleh angkutan roda 4, ini untuk menjaga agar badan jalan tidak hancur.

Dailami juga mengajak seluruh unsur untuk dapat mendukung, mengikuti dan mematuhi aturan yang telah dibuat oleh Pemerintah daerah Bener Meriah, “ Untuk itu diperlukan kerjasama semua unsur, agar program ini berjalan dengan baik seperti yang kita harapkan,” jelasnya

Sedangkan Kapolres Bener Meriah AKBP Agung Surya Probowo, SIK dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pihaknya sangat mendukung program Pemerintah untuk menertibkan terminal bongkar muat barang ketipis. Ia menegaskan pengaktifan terminal bukanlah barang baru.

“Secara prinsipnya kita sangat mendukung, sebab konstruksi tanah di daerah kita sangat labil dan mudah longsor apabila dilalui kendaraan angkutan yang melebihi tonase. Untuk itu ini perlu kita tertibkan melalui Peraturan bupati,”tegas AKBP Agung Surya Prabowo.

Hal senada juga disampaikan Kasat Pol PP Bener Meriah, pihaknya sangat mendukung penertiban bongkar muat, sebab selama ini banyak jalan yang rusak di seputaran Bener Meriah terutama di Kecamatan Bandar akibat dilalui truk yang melebihi tonase.

Untuk itu pihaknya sangat mendukung sepenuhnya penertiban tersebut dan pengoperasian terminal bongkar muat barang Ketipis untuk dioperasikan. Terang Miharbi,

Begitu juga dengan Ketua Organda Bener Meriah, Azwin mengatakan mendukung sepenuhnya penertiban tersebut, untuk itu perlu kerjasama yang solid dalam menertibkannya.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...