Seorang warga Cot Gapu Kecamatan Kota Juang, Bireuen yang berdomisili di Lampriet, Kuta Alam Banda Aceh meninggal dunia saat sedang menikmati makan siang di salah satu warung nasi yang berada di kawasan Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Senin (25/5/2020).

Aminullah dan Banda Aceh 

Terbanyak Pemberitaan Terkait Monitoring dan Mitigasi Covid-19 di Aceh

HUMAS PEMKO BANDA ACEHWali Kota Banda Aceh Aminullah Usman
A A A

BANDA ACEH – Aminullah Usman dan Kota Banda Aceh menjadi keyword atau topik terbanyak yang muncul dalam pemberitaan media online di Aceh, khususnya terkait monitoring dan mitigasi Covid-19.

Demikian hasil survei yang dirilis oleh Indonesia Indicator, Rabu 13 Mei 2020 di Banda Aceh. Menurut Adi Humaidi, representatif perusahaan yang berkedudukan di Jakarta itu, data tersebut diperoleh dari aplikasi pihaknya yakni Intelligent Media Management (IMM).

Kata dia, IMM adalah alat monitoring dan analisa media yang bekerja 24 jam secara real time dan otomatis yang berbasis web, “dengan teknologi artificial intelligent yang memberikan variasi analisa berita dan informasi hingga membuat laporan monitoring media secara otomatis.”

Adi menunjukkan hasil survei periode 2-4 Mei 2020. “Pemberitaan pemerintah daerah dan kepala daerah di Aceh tentang Covid-19 paling banyak dari Kota Banda Aceh dan wali kotanya Aminullah Usman, dengan isu dominan sembuhnya dua pasien positif Corona,” ujarnya.

“Kemudian tanggal 6-8 Mei 2020, tetap Wali Kota Aminullah mendominasi pernyataan tertinggi di media bila di-compare dengan kepala daerah yang lain. Ada 49 pemberitaan tentang Pak Wali dan 31 Banda Aceh. Lalu yang terbaru pada 8-11 Mei meningkat lagi, pemberitaan untuk Aminullah 74 dan Banda Aceh 55,” ujarnya lagi.

Ia pun merinci 10 besar media dengan jumlah expose berita terbanyak terkait pemberitaan terkait Covid-19 di kota/kabupaten di Aceh. “Ke-10 media tersebut adalah: Serambi Indonesia, Popularitas, Warta Kota Live, Kumparan, Antara Aceh, Barometer, Dialeksis, Harian Rakyat Aceh, Radar Aceh, dan AJNN,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyambut positif hasil survei dari Indonesia Indicator. “Ini artinya berbagai upaya yang kita lakukan dalam penanganan Covid-19 dianggap penting oleh media dan layak diberitakan bagi masyarakat.”

“Kedua keyword tersebut top dan populer di mata media. Pernyatan-pernyataan yang kita berikan juga akurat sehingga banyak diliput oleh wartawan daerah, nasional, dan bahkan international,” kata Aminullah seraya mengucapkan terima kasih atas peran aktif awak media selama ini.

Rubrik:BANDA ACEH

Komentar

Loading...