Anggota DPR Aceh Tarmizi SP mengancam akan melakukan mosi tidak percaya kepada pimpinan lembaga tersebut. Mosi tidak percaya dilakukan bila usulan hak angket terhadap plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah gagal dilanjutkan.

Hadiri Panen Perdana

TA Khalid Siap Perjuangkan Aspirasi Petani Jagung

BULKHAINIPanen jagung perdana milik kelompok tani di Aceh Utara
A A A

ACEH UTARA - Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Gerindra Ir TA Khalid MM bersama Ketua KPA/PA H Muzakir Manaf atau yang akrab disapa Mualem menghadiri panen perdana jagung Heribrida milik Kelompok Tani (poktan) "Beusarena" di Gampong Tanjong Ara Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara. Rabu (23/9/2020).

Selain Mualem, Ir TA Khalid juga didampingi oleh anggota DPR Aceh Partai Aceh Ismail A, Jalil SE sering disapa Ayah Wa, Anggota DPRK Aceh Utara Fraksi Partai Aceh Teuku Otman alias Ayah Ot dan Panglima Muda Daerah IV Pase, M Jhony.

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Gerindra TA Khalid dalam sambutannya menyebutkan dirinya siap menampung aspirasi para petani jagung serta masyarakat untuk diperjuangkan ke Kementerian Pertanian RI dalam mensejahterakan petani jagung di Aceh, apalagi ditengah pandemi Covid-19.

"Kita lihat semangat para petani sangat luar biasa, mereka bercocok tanam sendiri, menyediakan pupuk sendiri dan harapan saya sebagai wakil mereka di Jakarta agar pemerintah harus mampu menjamin harga jagung biar petani sejahtera,"ujar TA Khalid.

TA Khalid menyebutkan, jika harga jagung murah atau harga anjlok tentunya para petani akan rugi dan ini harus diperjuangkan untuk mewujudkan kebutuhan dan peningkatan ekonomi petani.

"Hari ini saya meminta kepada para petani untuk membuat kelompok dan mendaftar ke Gapoktan atau berbadan hukum. Karena untuk bisa memperoleh bantuan Kelompok tani harus terdaftar di Kementrian, Insya Allah kedepan pemerintah akan membantu bibit, pupuk dan lainya untuk kebutuhan petani,"terang TA Khalid.

Sementara itu, Pembina Kelompok Tani Jagung " Beusarena " yang juga anggota DPRK Aceh Utara Teuku Otman alias Ayah Ot Menyatakan luas lahan jagung keseluruhan sekitar 15 hektare (ha), namun yang siap dipanen sebanyak 7 hektare.

" Ini panen perdana jagung Hebrida yang ditanami 100 hari yang lalu. Bibit jagung yang ditanam PIONEER P32, modalnya dari swadaya masyarakat dan jagung ini nantinya akan dijual ke Medan dengan harga Rp 4000/Kg ", kata Ayah Ot Politisi Partai Aceh yang juga Pembina Kelompok Tani "Beusarena".

Dikatakan Ayah Ot, Dirinya selaku anggota DPRK Aceh Utara dari Partai Aceh akan membantu kelompok-kelompok tani yang ingin mendapatkan bantuan dan kita akan upayakan hingga ke DPR-RI serta yang paling penting yaitu kelompok tani itu harus berbadan hukum atau terdaftar di Gapoktan.

"Harapan kita agar kedepan Pemerintah untuk membantu bantuan kepada kelompok tani untuk bisa memanfaatkan lahan tidur dan untuk anggota kelompok Tani juga agar fokus dalam menanam, merawat dan menjaga tanaman jagung ini, agar hasil panen lebih memuaskan hingga mendapatkan keuntungan yang maksimal nantinya,"ujarnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...