Jalan akses menuju Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama, Kubupaten Bener Meriah lumpuh total akibat longsor dan pohon tumbang.“Mungkin kejadianya tadi malam, soalnya kemaren sore anggota saya pulang jalannya masih baik-baik saja," ungkapnya. Munurut Mustakim, longsor tersebut menimpa separuh badan jalan dengan panjang mencapai 17 meter, namun pohon-pohon dari atasnya tumbang dan menutup badan jalan sehingga jalan tersebut tidak dapat dilalui untuk saat ini.

Strategi TikTok Agar Tak Dilarang Amerika

NETIlustrasi Tik Tok
A A A

JAKARTA- TikTok terancam dilarang beroperasi di Amerika Serikat yang tentu bila terjadi akan sangat merugikan mengingat Negeri Paman Sam adalah pasar yang besar. Maka, perusahaan asal China ini pun putar otak agar tidak sampai dicekal di AS.

Salah satu kritik dari politisi AS pada TikTok adalah dinilai terlalu dekat dengan induknya, ByteDance di China. Aplikasi ini dianggap membahayakan keamanan nasional karena induk perusahaan diduga tunduk pada pemerintah China serta intelijennya.

Untuk itulah, sumber terkait menyebut ByteDance tengah mempertimbangkan untuk mendirikan kantor pusat TikTok di luar China. Selain itu, bisa juga menyusun manajemen baru untuk meminimalisir hubungan dengan China.

Ketika dikonfirmasi, juru bicara TikTok menyatakan induk perusahaan memang sedang mempertimbangkan perubahan struktur korporat. "ByteDance tengah mengevaluasi perubahan dalam struktur korporat di bisnis TikTok," ucap sang juru bicara.

"Kami tetap berkomitmen penuh dalam melindungi privasi dan keamanan user di saat kami membangun platfrom yang menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan pada ratusan juta orang di seluruh dunia," tambahnya.

"Kami akan melangkah ke depan dengan memperhatikan user kami, karyawan, seniman, kreator, para mitra dan para pembuat kebijakan," pungkasnya, dikutip detikINET dari CNN.

TikTok dicurigai jadi alat mata-mata pemerintah China. Itulah mungkin yang membuat Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, membenarkan bahwa pemerintah AS sedang pikir-pikir untuk melarang media sosial asal China termasuk TikTok.

"Dengan memaklumi ada aplikasi China di ponsel warga, saya bisa menjamin Anda bahwa AS akan bertindak tepat soal ini. Saya tidak ingin mendahului presiden, tapi ini adalah sesuatu yang kami pertimbangkan," ujarnya.

Namun tak sedikit yang menilai TikTok takkan terlalu banyak berguna sebagai alat mata-mata. "Memang tepat untuk curiga pada China. Tapi saya tidak yakin TikTok adalah perangkat pengintaian yang bagus buat mereka," tutur James Lewis, pengamat di Center for Strategic and International Studies.

Sumber:DETIK.COM
Rubrik:TEKNO

Komentar

Loading...