Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh memanggil enam orang yang diduga terlibat korupsi proyek pembangunan jaringan air bersih di Pulo Breuh tahun 2017. Proyek tersebut berada di bawah Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS). Nama yang dipanggil secara terpisah itu ungkap Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Aceh Munawal, masing- masing Yudi Saputra ST, PPK tahun 2018.

Empat Lulusan Terbaik

STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Wisuda 147 Lulusan Sarjana

SITI AISYAHPara wisudawan menghadiri rapat senat terbuka di Gedung Olahraga dan Seni (GOD) Meulaboh, Kamis 24 Oktober 2019.
A A A

ACEH BARAT - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh (TDM) mewisuda 147 lulusan sarjana angkatan VII pada rapat senat terbuka yang digelar di Gedung Olahraga dan Seni (GOD) Meulaboh, Kamis 24 Oktober 2019.

Keseluruhan wisudawan tersebut terdiri dari 74 lulusan Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, 65 lulusan Jurusan Tarbiyah dan Keguruan, dan 8 lulusan Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam.

Adapun lulusan terbaik berjumlah empat orang, yaitu Farizal dari jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, Tika Pratiwi dari jurusan Tarbiyah dan Keguruan, Sri Riski Wahyuni dari jurusan Tarbiayah dan Keguruan, terakhir Heri Gunawan dari jurusan Syariah dan Ekonomi Islam.

Dalam sambutannya, Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr Inayatillah mengatakan saat ini pihak kampus terus berupaya melakukan peningkatan mutu pendidikan dengan merujuk pada peran tridarma perguruan tinggi. Hal tersebut dilakuakan agar para lulusan mampu bersaing di era industri 4.0.

Yang pertama, transfer of value artinya lebih mengedepankan nilai-nilai moral Sebagai bentuk Akselerasi  di era industri 4.0 ini.

"Seperti apapun canggihnya di masa sekarang, tetapi permasalahan etika dan agama,  tidak dapat diselesaikan dengan mesin pencarian pintar," ujarnya.

Upaya kedua yang dilakuakan pihak kampus adalah, melakukan peningkatan pada penelitian, agar nantinya para lulusan tidak hanya mampu menyelesaikan permaslahan yang ada tetapi juga bisa mengasilkan teori-teori ilmu baru.

Upaya ketiga ialah , dibidang pengabdian masyarakat. Para lulusan STAIN TDM diharapkan dapat hadir ditengah-tengah masyarakat untuk mengabdi dan membantu menjembatani setiap permaslahan.

Ia  menambahakan, Lulusan STAIN TDM diharapkan menjadi lulusan yang mampu bersaing di era industri 4.0, dengan terus mengembakan skill dan kemampuan yang telah di ajarakan selama mereka menempuh pendidikan di tempat tersebut

"Ingat, menjadi pintar saja tidak cukup jika mental dan skill tidak dikembangkan, " tambahnya.

Menurutnya, jalan utama mengasah skill ialah dengan berperilaku yang baik, menigkatkan kompetesi diri dan memiliki semangat literasi.

Sementara itu, Guru besar UIN Ar-raniry Prof Dr H Farid Wajdi Ibrahim MA, dalam orasi ilmiahnya menyampaikan, agar para lulusan tidak terlalu cepat puas dengan hasil yang di raih saat ini, karena ini adalah awal bagi mereka untuk menghadapi Persaingan yang sesunggugnya.

"Para sarjana jangan berhenti sampai disini, ini merupakan awal perjuangan, di depapanmu Persaingan masih panjang, orang sukses ialah orang yang bersungguh-sunguh,” demikian pesan Mantan Rektor UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...