Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Sri Mulyani Larang Petugas Pajak Terima Hadiah

Antara. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
A A A

JAKARTA- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta agar siapapun yang berhubungan dengan pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tidak memberikan hadiah ataupun imbalan. Menurutnya itu merusak pondasi negara.

"Dalam kesempatan ini saya sebagai menkeu juga meminta kepada seluruh wajib pajak (WP) juga kuasa WP serta konsultan pajak, agar ikut menjaga integritas dari DJP dengan tidak menjanjikan atau berupaya memberikan imbalan atau hadiah atau sogokan ke pegawai DJP," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (3/3/2021).

"Upaya seperti itu merusak tidak hanya DJP atau individu namun juga merusak pondasi negara," tegas Sri Mulyani.

Kemenkeu membuka layanan pengaduan bagi siapapun yang melihat ada pelanggaran dilakukan oleh pegawai DJP. Layanan tersebut bisa melalui surat elektronik dan saluran telepon serta aplikasi Whistleblowing System.

"Apabila wp atau kuasa wp melihat adanya pelanggaran, saya harap melaporkan pelanggaran tersebut yang dilakukan baik oleh pegawai DJP maupun oleh pegawai Kemenkeu lainnya," papar Sri Mulyani.

Pelapor aduan tentu akan dirahasiakan dan dilindungi seperti yang terjadi pada kasus yang tengah ditangani oleh KPK saat ini.

"Saluran-saluran yang telah saya sebutkan, adalah merupakan bukti bagi kami di kemenkeu dan DJP di dalam upaya memberikan wadah bagi masyarakat untuk ikut menjaga institusi pajak dan kemenkeu dari ancaman dan godaan korupsi," ungkapnya.

Komentar

Loading...