Pimpinan Dayah Khamsatu Anwar Aceh Besar, Dr. Tgk Sirajuddin Saman, S.Pd.I, MA (Abi Doktor) menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 26 Mei 2022 episode ke 80 Tahun ke II dengan tema: Kadis Pariwisata Aceh Undang Wulan Guritno Pamer Aurat di Nanggroe Syariah?, yang dipandu oleh host Siti Aminah, Jangan lupa like share comment and subsribe.

SMPN 2 Lhokseumawe Bagikan Seribu Takjil Untuk Masyarakat

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lhokseumawe Ibrahim MPd membagikan Takjil Kepada Masyarakat di depan Pintu Pagar Sekolah SMPN 2 Lhokseumawe.
A A A

LHOKSEUMAWE - Pelajar dan Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Lhokseumawe membagikan Seribu kotak Takjil untuk masyarakat dan para pengguna jalan.

Sebanyak seribu paket takjil (Nasi Kotak) tersebut dibagikan oleh para pelajar dan dewan guru bertempat didepan pintu pagar sekolah SMPN 2 Lhokseumawe jalan Samudera, Pukul 16 : 30 Wib Selasa 19 April 2022.

Seribu Kotak Takjil di SMPN 2 Lhokseumawe dibagikan untuk masyarakat

Pembagian pertama takjil tersebut dibagikan langsung oleh Ibrahim MPd selaku orang nomor satu di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lhokseumawe kepada masyarakat setempat yang sudah mengantri panjang.

Kepala SMPN 2 Lhokseumawe, Nurani MPd mengatakan, pembagian takjil berbuka puasa untuk masyarakat dan pengguna jalan ini sebagai bentuk edukasi para pelajar dengan cara melatih berbagi.

Paket takjil itu berisi nasi dan menu ayam ini sebagai momen mengakrabkan diri antar guru dengan siswa. Acara itu disebutnya juga sebagai ajang mengajarkan siswa tentang keutamaan berbagi.

Di sekolah mungkin sudah ada materi tentang berbagi. Namun harus juga ada aktualisasinya dengan cara praktik langsung ke lapangan," kata Nurani.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lhokseumawe Ibrahim MPd mengatakan, dimana bulan ramadan harus dimaknai sebagai bulan yang penuh keutamaan, terutama dalam hal berbagi. Menurutnya, memberi atau bersedekah sangat tinggi pahalanya di mata Allah SWT.

Kegiatan yang dilakukan SMPN 2 Lhokseumawe ini sebuah perwujudan kepedulian anak terhadap sesama, sehingga nantinya anak-anak tertanam hingga dewasa, hingga nanti dia ada sebuah kepedulian untuk menyumbang atau berbagi.

Bahkan, lanjut Ibrahim, Allah SWT akan membalas pemberian itu berlipat-lipat dari apa yang menjadi pemberian tersebut, dalam bentuk sama ataupun dalam bentuk lainnya. Apalagi ini di bulan ramadhan.

"Nilai-nilai ini yang harus ditanamkan kepada anak-anak kita sekarang. Jangan takut untuk memberi. Jika sudah memberi, lupakan. Jangan berharap orang yang kita beri akan memberi kita balasan balik. Itu tidak boleh," ujarnya.

Sambung Ibrahim, dari kegiatan ini, anak-anak mampu mengimplementasikan nilai-nilai berbagi ini di kehidupannya ke depan. Karena dia percaya tidak akan miskin orang yang suka memberi atau bersedekah.

Dia juga berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi SMP-SMP lain di Kota Lhokseumawe supaya melakukan hal yang sama.

"Kegiatan ini sekalian membantu mereka-mereka yang berbuka puasa. Semoga kegiatan jadi inspirasi semua pihak," harap Ibrahim.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...