Dirlantas Polda Aceh, Kombes. Pol. Dicky Sondani, SIK, MH yang diwakili Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Aceh, Kompol. T. Zainal Amri, SH, SIK menjadi narasumber peHTem edisi Senin 30 Mei 2022 episode ke 81 Tahun ke II dengan tema: Pelat Hitam Atau Pelat Putih?, yang dipandu oleh host Siti Aminah, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Sidang Paripurna Pengusulan Pemberhentian Sarkawi Gagal

SMPK Sesalkan Sikap Sejumlah Anggota DPRK Tidak Hadir Sidang

SamsuddinSidang paripurna pengusulan pemberhentian Sarkawi sebgai bupati bener meriah
A A A

ACEHIMAGE.COM – Koordinator Solidaritas Masyarakat Peduli Konstitusi (SMPK), Nasri Gayo menyesalkan sikap sejumlah anggota DPRK Bener Meriah yang tidak menghadiri sidang paripurna pengusulan pemberhentian Bupati Bener Meriah.

Bahkan menurut Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Garis Merah itu, sikap sejumlah anggota DPRK Bener Meriah yang tidak hadir mengikuti sidang paripurna tanpa memberikan konfirmasi dan informasi atas ketidak hadirannya baik kepada pimpinan DPRK maupun Sekretaris Dewan (Sekwan) adalah sikap yang tidak etis dan itu justru sangat memalukan bagi anggota Dewan yang kita anggap sebagai orang terhormat.

“Hari ini (Rabu, 23 Februari 2022) adalah agenda DPRK Bener Meriah melaksanakan sidang paripurna pengusulan pemberhentian bupati bener meriah yang hampir sudah delapan bulan tidak pernah masuk kantor dikarenakan  sakit yang beliau derita. Namun sidang paripurna itu gagal terlaksana akibat kuorum tidak terpenuhi,” ujar Nasri kepada media ini melalui keterangan tertulisnya, Rabu, 23 Februari 2022.

Padahal, kata Nasri, sidang paripurna pengusulan pemberhentian jabatan Bupati Bener Meriah yang di jabat Tgk H Sarkawi berpedoman pada Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 serta merujuk pada surat Mendagri yang ditujukan kepada gubernur Aceh yang tembusannya juga sampai ke DPRK Bener Meriah. Dan surat yang ditujukan oleh gubernur Aceh ke Plt Bupati Bener Meriah.

“Justru itu, kita sangat menyayangkan ketidakhadiran beberapa anggota DPRK Bener Meriah tidak dalam agenda sidang tersebut yang seyogyanya persidangan itu sudah dilakukan dari beberapa hari kebelakang,” timpal Nasri.

Lanjut Nasri,  kita wajib mempertanyakan kewajiban mereka selaku anggota DPRK Bener Meriah, jika mereka tidak mau mengikuti rapat paripurna artinya mereka sudah lalai dan tidak sanggup untuk melakukan tugas mereka sebagai anggota DPRK Bener Meriah. Oleh karena itu, kita meminta kepada mereka yang tidak hadir dengan tidak memberikan alasan apapun kepada ketua DPRK untuk segera mengundurkan diri secara terhormat agar tidak menjadi pecundang dalam menjalankan Undang - Undang di Negara kita ini.

Atas ketidak hadiran beberapa anggota DPRK tersebut, sambung Nasri, pihaknya menduga  bahwa sebagian anggota DPRK yang tidak hadir dalam sidang ini, lebih mementingkan golongan dan keluarga daripada mementingkan kepentingan Negara. Tandas Nasri.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, DPRK Bener Meriah menggelar sidang paripurna pengusulan pemberhentian Sarkawi sebagai Bupati Bener Meriah yang di pimpin MHD Saleh. Sidang tersebut dimulai sejak pukul 10.00 wib, akan tetapi hingga pukul 11.00 jumlah DPRK yang hadir hanya 11 orang sehingga pimpinan sidang menskor sidang selama 1 jam.

Kemudian, pimpinan sidang kembali melanjutkan pada pukul 11.00 wib. Lagi-lagi hingga pukul 12.00 wib jumlah anggota yang hadir hanya sebanyak 16 orang dari 25 anggota DPRK Bener Meriah dan sesuai dengan tata tertib (tatib) DPRK belum memenuhi kuorum.

Artinya, jumlah anggota DPRK yang harir minimal 19 orang dari 25 anggota DPRK Bener Meriah untuk bisa melaksanakan sidang paripurna pengusulan pemberhentian jabatan Bupati Bener Meriah yang disandang oleh Tgk H Sarkawi.

Ketua DPRK Bener Meriah, MHD Saleh menyebutkan pihaknya sudah melayangkan surat undangan kepada seluruh anggota DPRK untuk menghadiri sidang paripurna, bahkan, ia juga sudah menghubungi beberapa anggota yang tidak hadir via By Phone.

“Jika hingga skor kedua di cabut dan anggota DPRK Bener Meriah yang hadir tetap tidak memenuhi kuorum, maka kita menjadwalkan rapat Badan musyawarah untuk dilakukan sidang lanjutan nantinya,” tutup Saleh.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...