Zikrayanti, MLIS, PhD (Cand) menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 23 September 2021 episode 10 Tahun ke II dengan tema: Terkait Vaksin Siswa, Wali Murid Minta Gubernur Pecat Kadisdik Aceh, yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Wakili Indonesia Pertunjukan Taeter

SMK 5 dan SMA Bustanul Ulum Dapat Apresiasi

IMG_20210809_093631
A A A

BENER MERIAH - Pelaksana tugas Bupati Bener Meriah Dailami, didampingi Kepala SMK N 5 Bener Meriah Syabirin dan Bahtiar ikuti zoom meeting dengan peserta teater tiga negara.

Kegiatan tersebut merupakan lanjutan serangkaian kegiatan teater yang di laksanakan di Banda Aceh pada tanggal 28 sampai 30 Juli 2021 lalu.

Acara tersebut, merupakan pemutaran teahter/cerita rakyat dimana melibatkan pelajar SMK 5 Bener Meriah dan SMA terpadu Bustanul Ulum kabupaten Bener Meriah.

Hal itu disampaikan Bahtiar selaku koordinator wilayah Tengah. Minggu, 8 Agustus 2021

Dikatakan Bahtiar, kedua sekolah di Kecamatan Permata tersebut terpilih mewakili Indonesia sebagai peserta teather tiga negara yang diikuti negara Jepang, Philipina dan Indonesia

Menurut Bahtiar, taeter tiga negara tersebut diselenggarakan Cordillera Green Network (CGN ) yang bekerjasama dengan Komunitas Tikar Pandan serta kegiatan tersebut didukung The Japan Foundation Asia Center.

Plt Bupati Bener Meriah mengucapkan apresiasi kepada siswa dan siswi yang terpilih mengikuti taether ini untuk menampilkan cerita rakyat zaman dahulu untuk dipertunjukkan ke pelajar-pelajar yang ada di negara Jepang dan Philipina.

"Semoga mereka tertarik akan cerita cerita yang ada pada jaman dahulu di Gayo pada umumnya, " pinta Dailami

Ia mengatakan sangat mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini, dengan adanya cerita yang di perankan oleh  siswa kita diingatkan kembali tentang sejarah-sejarah tempo lalu yang hampir bahkan lupa di dalam memori kita semuanya. Ungkap Dailami

"Dengan adanya teater ini kita diingatkan kembali tentang cerita-cerita yang dimiliki oleh nenek moyang kita pada zaman dahulu. "

Untuk itu, kata Dailami, kegiatan seperti itu perlu didukung untuk itu Pemkab Bener Meriah kegiatan berbasis taether sehingga cerita-cerita dimasa lampau tidak hilang

"Ini menjadi salah satu bukti yang bisa kita sampaikan  sampaikan ke anak cucu kita kelak dengan melihat cerita-cerita yang  di mainkan di YouTube apa lagi saat ini zaman kita berada di zaman penuh dengan digital " terang Dailami

Sementara itu  Syabirin Amin  Kepala Kekolah SMK 5 mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat membantu anak anak dalam menggali potensi seni di bidang teahter yang mereka miliki.

Syabirin menyebutkan,  sangat jarang sekali para siswa berani tampil bermain teahter di hadapan teman temanya apa lagi ini di saksiakan langsung oleh dua  negara ia tentunya,ini kesempatan yang sangat jarang sekali kita temui. Imbuhnya

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...