Siswa SMAN 1 Tanah Jambo Aye Diberi Edukasi Tentang Thalasemia

BULKHAINIPekerja Sosial Masyarakat (PSM) Peduli Aceh bersama pendiri darah untuk Aceh mengelar sosialisasi tentang Thalassemia kepada ratusan siswa/i Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Jambo Aye, Aceh Utara.
A A A

ACEH UTARA - Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Peduli Aceh bersama pendiri darah untuk Aceh mengelar sosialisasi tentang Thalassemia kepada ratusan siswa/i Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Jambo Aye, Aceh Utara.

Acara sosialisasi itu bertema "Ada Apa Dengan Thalassemia?" berlangsung di Aula sekolah tersebut, Sabtu (29/2/2020).

Pendiri darah untuk Aceh, Nurjanah Husen dalam materinya yang disampaikan kepada ratusan pelajar menyatakan bahwa Thalassemia merupakan penyakit genetik atau kelainan darah.

"Penyakit ini perlu sosialisasi kepada pelajar di karenakan anak tingkat SMA itu yang akan menjadi calon Ayah maupun Ibu. Jadi sebelum mereka melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi mereka harus paham dulu Thalassemia nya apa,"jelas Kak Nu Husen, begitu dia sering disapa.

Menurut Kak Nu Husen, di Indonesia khususnya Aceh penyakit thalasemia sangat banyak, malah Aceh Utara salah satu daerah dengan pasien Thalassemia tertinggi sekarang.

"Untuk Aceh Utara yang banyak kita tangani penyakit thalasemia ini, karena kita lihat saat pasien di bawa ke RSUD Zainal Abidin Banda Aceh atau ke RSUD Cut Mutia Lhokseumawe,"ujarnya.

Dengan melakukan sosialisasi seperti ini, kata Kak Nu, agar anak – anak mengetahui tentang Thalassemia, supaya mereka kalau melanjutkan kejenjang berkeluarga dianjurkan mereka mau cek darah atau pranikah.

"Untuk penyebab Thalassemia salah satu dari keturunan kedua belah pihak. Karena kalau kedua belah pihak ayah dan ibu Thalassemia minor, artinya Thalassemia pembawa sifat jadi ada kemungkinan anaknya itu 25 persennya Thalassemia mayor yang butuh transfusi darah setiap bulan seumur hidupnya,"kata Kak Nu Husen.

Dikatakan Kak Nu Husen, Cara mencegah Thalassemia hanya dengan tidak menikah antara pasangan pembawa sifat Thalassemia, misalnya calon istri ada Thalassemia minor nya dan calon suami juga ada Thalassemia minor nya, seharusnya tidak dipertemukan.

"Kalau minor tidak ada ciri yang khusus, karena sama, antara pembawa sifat atau minor ini dengan orang normal itu sama, bahkan mereka bisa donor darah, artinya, sel darah merahnya pun bagus untuk volumenya,katanya lagi.

Ia juga menyampaikan kepada pemerintah Aceh agar penyakit Thalassemia ini betul – betul diperhatikan dan harus dicegah, cara pencegahannya mungkin harus melalui sosialisasi.

"Kita harapkan kepada Dinas Kesehatan di seluruh Aceh, supaya penyakit Thalassemia ini harus di sosialisasikan Kepada masyarakat," harap Kak Nu Husen.

Sementara itu, Ketua Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Peduli Aceh, Akmal Daud dalam sambutannya juga mengajak semua siswa/i di SMAN 1 Tanah Jambo Aye agar mempedulikan sesamanya.

"Mari sama-sama kita peduli terhadap kawan kita yang mungkin membutuhkan bantuan kita untuk meringankan beban mereka, ini suatu hal yang sangat mulia sewaktu kita membantu orang lain,"ajak Akmal.

Dalam acara tersebut turut hadir, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye, Talhah MPd, Kapolsek Tanah Jambo Aye AKP Zulfitri SH yang diwakili oleh Wakapolsek Iptu P Parhusip SH.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...