Satu unit rumah berkontruksi kayu di Desa Lampeuneuen Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar dilalap si jago merah, Selasa (1/12/2020) sekira pukul 12:49 WIB. Peristiwa kebakaran ini diduga akibat kompor yang lupa dimatikan, sehingga rumah yang diketahui milii Mawardi (41) dalam kondisi rusak berat.

Siapakah Joe Biden, Mampu Mengalahkan Donald Trump?

Net.
A A A

BANDA ACEH - Presiden Amerika Serikat terpilih yaitu Joe Biden. Dia akan berulang tahun yang ke 78 tahun pada tanggal 20 November 2020.

Siapakah Joe Biden? Mari mengenal lebih dekat dan menelusuri jejak karier politik pria yang lahir di kota Scranton, Pennsylvania ini.

Dilansir dari laman Biography.com, Joe Biden memulai kariernya sebagai pengacara sebelum terjun ke dunia politik.

Pada tahun 1968, ia pindah ke Wilmington, Delaware untuk mulai berpraktik pada sebuah firma hukum.

Ia kemudian menjadi anggota aktif dari Partai Demokrat. Setelah menjabat sebagai anggota Dewan New Castle Country tahun 1971, Biden memulai firma hukumnya sendiri.

Ia memiliki tiga orang anak yaitu, Joseph Biden III (lahir tahun 1969), Hunter Biden (lahir 1970) dan Naomi Biden (lahir tahun 1971).

Kala itu, ia melawan calon petahana dari Partai Republik yang populer bernama J. Caleb Boggs.

Anggota parlemen Demokrat paling terkemuka

Meskipun kesempatannya untuk menang sangat kecil namun Biden menjalankan kampanye tanpa lelah.

Valerie Bideon Owens, yang merupakan kakak perempuan dari Biden menjabat sebagai manajer kampanyenya.

Joe Biden akhirnya menjadi senator AS termuda kelima dalam sejarah sekaligus menjadi senator terlama di Delaware.

Setelah membuktikan dirinya sebagai salah satu anggota parlemen Demokrat yang paling terkemuka di Washington, pada tahun 1987, Joe Biden memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai presiden AS.

Namun, kala itu ia diterpa isu yang menduga Biden menjiplak bagian dari sebuah pidato. Selain itu, selama kampanye, dia mengalami sakit kepala parah dan tak lama dia keluar dari pencalonan tahun 1988.

Dua puluh tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2007, dia masih berambisi menjadi calon presiden.

Ia kembali mencalonkan diri, namun kampanyenya gagal menghasilkan momentum. Saat itu didominasi oleh Hillary Clinton dan Barack Obama.

Ia keluar setelah mendapat kurang dari satu persen suara di kaukus penting Iowa.

Namun, beberapa bulan setelahnya, tiket dari Partai Demokrat, Barack Obama memilih Biden sebagai calon wakil presiden. Pada tanggal 2 November 2008, Obama dan Biden berhasil mengalahkan John McChain dan Sarah Palin.

Biden menjadi wakil Obama presiden ke-47

Tepat pada 20 Januari 2009, Obama dilantik sebagai presiden AS ke-44 dan Biden menjadi wakil presiden ke-47.

Pada pemilu presiden AS tahun 2012, Obama dan Biden kembali berpasangan, mereka berhadapan dengan calon Partai Republik Mitt Romney yang merupakan seorang mantan gubernur Massachusetts dan berpasangan dengan Paul Ryan.
Obama berhasil mengalahkan Romney dalam pemilihan 2012.

Ia dan Biden kembali dilantik sebagai presiden dan wakil presiden. Presiden Obama berhasil mendapatkan 60 persen suara elektoral dan memenangkan suara populer dengan lebih dari 1 juta suara.

Rubrik:NEWS

Komentar

Loading...