Aktivis Perempuan, Yulindawati kembali menjadi narasumber peHTem edisi Kamis, 9 Februari 2023 episode ke 50 Tahun ke 3 dengan tema: Pedagang Kaki Lima Tertindas, Benarkah LKMS Mahirah Muamalah Melakukan Praktek Lintah Darat di Nanggroe Syariah? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Seratusan Peserta Ikut Penanaman Pohon di Lut Atas

IMG20221210115144
A A A

ACHIMAGE.COM - Sebanyak seratus peserta ikut melakukan penanaman pohon di lokasi Lut Atas Kampung Waq Pondok Sayur, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah.

Peserta terdiri dari LPHD Waq Pondok Sayur, pelajar, Komunitas, BEM STIKES Payung Negeri, GMNI, RAPI, inflezer, wartawan, dan masyarakat umum.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Persatuan Waratawan Indonesia (PWI ) Kabupaten Bener Meriah bekerjasama dengan Dinas Pariwisata setempat.

"Tujuan kegiatan eco camp adalah salah satu upaya untuk melestarikan Eko wisata lut atas yang merupakan kawasan tangkapan air. Karena Lut atas menjadi sumber air bersih untuk tiga kecamatan," kata Kepala Dinas Pariwisata Bener Meriah, Irmansyah dalam laporannya, Sabtu, 10 Desember 2022.

Kegiatan di Lut Atas ini, tambah Irmansyah selain melakukan penanaman pohon juga memberikan edukasi kepada masyarakat perlunya menjaga Eko wisata lut atas yang di kelola oleh LPHD Waq Pondok Sayur melalui promosi oleh masing-masing peserta lewat media sosial.

Dijelaskan Irmansyah, Lut Atas bukan sekedar hanya menjadi tujuan objek wisata namun ini merupakan Eko wisata hijau yang harus di lestarikan. Ungkap Irman.

Harapannya, melalui kegiatan ini dapat Lut Atas semakin ramai di kunjungi bukan hanya oleh masyarakat Luar Bener Meriah namun juga para peneliti. Imbuh Irman.

Untuk kegiatan eco camp, tidak hanya di Lut Atas, aka tetapi kita akan berkemah di taman aboretum Kampung Bale Atu.

"Setelah kegiatan menanam pohon ini, seluruh peserta akan melanjutkan kegiatan di taman aboretum seperti berkemah, dan penampilan puisi, dan seni budaya lainnya,"terang Irmansyah.

Sementara itu, Penjabat Bupati Bener Meriah, Drs Haili Yoga M Si mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh PWI Bener Meria itu.

"Ini yang perlu ditingkatkan kedepan, artinya setiap event yang diselenggarakan melibatkan semua elemen agar potensi wisata di daerah ini semakin diminati oleh masyarakat luar untuk di kunjungi,"ujar Haili Yoga.

Ia menegaskan, saya tidak inggin kegiatan yang diselenggarakan hanya sekedar serimonial semata namun harus ada dampak positif dari kegiatan itu untuk meningkatkan segalahal, seperti promosi, peningkatan perekonomian UMKM.

Untuk itu, saya meminta kepada seluruh peserta ECO camp dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Bener Meriah ke 19 ini mempromosikan objek wisata melalui media sosial masing-masing seperti Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya. Harapnya.

Haili Yoga juga meminta kepada pihak pengelola Lut Atas untuk berinisiatif bagaimana objek wisata ini menjadi lokasi tujuan wisatawan. Tegasnya.

Ketua Panitia pelaksana, Mashuri mengatakan, Alhamdulillah Dinas Pariwisata Bener Meriah mengandeng kawan-kawan PWI Bener Meriah untuk menyelenggarakan kegiatan ECO Camp di dua lokasi yakni Lut Atas Waq Pondok Sayur dan taman aboretum Bale Atu.

"Kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang keberadaan Lut Atas sebagai Eko wisata hijau yang harus dilestarikan," kata Mashuri, Sabtu, 10 Desember 2022.

Menurutnya, kegiatan di Lut Atas para peserta di wajibkan menanam pohon di lokasi yang telah ditentukan LPHD Waq Pondok Sayur.

Sementara di taman aboretum, para peserta akan berkemah yang diisi dengan acara orasi terkait ekowisata hijau.

"Mudah-mudahan melalui kegiatan ini kita semua sadar akan pentingnya melestarikan hutan terlebih dikawasan tangkapan air,"ujar Mashuri.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut juga merupakan rangkaian untuk menyambut Hari Ulang Tahun ( HUT) Kabupaten Bener Meriah ke-19.

Komentar

Loading...