Koordinator Masyarakat Pengawal Otsus (MPO) Aceh, Syakya Meirizal, menjadi narasumber peHTem edisi Senin 1 November 2021 episode 21 Tahun ke II dengan tema: KPK Kembali ke Aceh, Siapa Terjerat Korupsi? yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Sempat Ditunda Sejumlah Kepsek Jajaran Disdik Bener Meriah Dilantik

SamsuddinSekda Bener Meriah Lantik Kepsek Disdik Bener Meriah
A A A

BENER MERIAH – Sempat ditunda, Sekretaris daerah Kabupaten Bener Meriah, Drs Haili Yoga lantik sejumlah Kepala Sekolah tingkat TK hingga SMP. Sabtu, 2 Oktober 2021 di Aula Dinas Pendidikan Bener Meriah.

Sebelumnya, sempat beredar surat undangan pelantikan pejabat fungsional Kepala Sekolah di lingkungan Pemkab Bener Meriah, yang akan dilantik pada 28 September 2021 lalu.

Namun, tidak dapat dipastikan alasan ditundanya pelantikan tersebut. Kendati sempat beredar informasi bahwa ditundanya pelantikan pejabat fungsional kepala Sekolah itu lantaran belum mengantongi izin.

Sekda Bener Meriah, Haili Yoga dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan fungsional Kepala Sekolah jajaran Pemkab Bener Meriah dilakukan adalah untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala sekolah (Kepsek) yang telah memasuki masa pensiun, meninggal dunia.

Selain itu, juga karena Kepsek mendapat promosi sebagai pejabat struktural di jajaran Dinas Pendidikan Bener Meriah beberapa bulan lalu, serta memenuhi persyaratan pendaftaran Program Sekolah Penggerak (PSP).

“Karena ada beberapa jabatan Kepsek yang kosong, sehingga kita melakukan pelantikan Kepsek hal itu juga untuk memenuhi syarat pendaftaran PSP dimana Kabupaten Bener Meriah masuk tahap ke 2 untuk program PSP tersebut,”kata Haili Yoga.

Haili Yoga menjelaskan, pemenuhan syarat dan kriteria satuan Pendidik untuk mendaftar sebagai peserta PSP seiring ditetapkanya Kabupaten Bener Meriah sebagai pelaksana program tersebut tahap ke 2 tahun 2021.

“Alasan tersebut diatas adalah alasan utama dilaksanakan rotasi Kepsek di Jajaran Dinas Pendidikan Bener Meriah, sebab, kepala sekolah harus memiliki sekurang-kurangnya satu kali masa tugas kepala sekolah, sehingga untuk kepala sekolah yang akan memasuki masa pensiun 4 tahun ke depan dan kepala sekolah yang melebihi periode menjabat sebagai kepala sekolah pada sekolah yang potensial harus dilakukan rotasi, sesuai permen Dikbud nomor 6 tahun 2018 tentang penugasan guru untuk Kepala Sekolah,” jelas Haili Yoga

Ia menambahkan, syarat kepala sekolah definitif itu antara lain memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1 atau D4, pangkat minimal III C, memiliki sertifikat pendidik serta memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) yang diperoleh melalui penguatan Kepala Sekolah atau Diklat Calon Kepala Sekolah. Tegasnya

“Penempatan yang dilakukan, sudah melalui perhitungan konkrit terhadap semua syarat, kapasitas, kredibilitas dan kompetensi yang dimiliki Kepsek yang dilantik pada hari ini, kami yakin bahwa saudara-saudara dapat melaksanakan tugas dengan baik disekolah yang akan  pimpin,” sebut Haili Yoga

Kepada Kepsek yang dilantik, Haili Yoga meminta untuk meningkatkan kinerja, dan  benahi sekolah serta lakukan perubahan secara Komprehensif ke arah yang lebih baik termasuk capaian vaksinasi khusus untuk jenjang SMP.

Haili Yoga juga berharap, agar kepala sekolah yang dilantik untuk sesegera mungkin melakukan sinkron DAPODIK dan mendaftar sebagai Kepala Sekolah Penggerak.

“Kami mohon bapak dan ibu yang dilantik untuk sesegera mungkin melakukan sinkron Dapodik dan mendaftar sebagai kepala sekolah penggerak,” pinta Haili Yoga []

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...