Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh Syariah, Amal Hasan menjadi narasumber peHTem edisi Senin 10 Mei 2021 Episode 37 Tahun ke 2 dengan Tema: Sahuti Kebutuhan Masyarakat, Bank Aceh Luncurkan Kartu Debit yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Sekda Minta Data Kemiskinan Disajikan Secara Riil

Sekda Bener Meriah Haili Yoga
A A A

BENER MERIAH - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bener Meriah, Haili Yoga, meminta seluruh aparatur kampung, mulai dari reje dan kepala dusun untuk tidak bermain-main dengan data, khususnya tentang kemiskinan yang ada di dalam wilayahnya masing-masing. Semua hal tersebut menurutnya akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak.

Sekda Haili Yoga menyampaikan hal tersebut saat apel gabungan bersama camat dan reje dalam Kecamatan Bukit di lapangan Setdakab Bener Meriah, Selasa, 4 Mei 2021.

Dia juga menceritakan ikhwal kedatangan Tim Kemendes PDTT dan Transmigrasi bersama Kepala Dinas PMG Provinsi Aceh untuk mengevaluasi Dana Desa beberapa waktu lalu. Pada saat kedatangan Tim Kemendes tersebut, posisi Bener Meriah ada di urutan 12.

"Sementara realisasi anggaran kita berada di peringkat pertama. Seiring dengan itu baru-baru ini Kabupaten Bener Meriah juga mendapat WTP ke-7. Ini suatu prestasi dan kinerja yang baik dalam laporan pertanggungajawaban keuangan kita," jelas Sekda.

Dalam Apel gabungan tersebut Sekda juga menekankan para reje dan kepala dusun agar memiliki data valid dan akurat, serta dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

Baru-baru ini, menurut Haili Yoga, Mensos telah melaporkan tentang data kemiskinan kepada KPK terkait data ganda dan tidak pernah diperbaharui dari tahun ke tahun.

"Ini semua harus kita antisipasi dengan data yang valid di kampung masing-masing, bukan data berdasarkan kepentingan," tutur Haili Yoga.

Dia mengatakan semua hal tersebut merupakan tanggung jawab para kepala dusun. Haili Yoga berharap data kemiskinan yang diberikan tidak berdasarkan kepentingan kepala daerah di masing-masing kampung. Apalagi jika data kemiskinan dilatarbelakangi oleh kepentingan politik pemangku kebijakan di kampung setempat.

“Sampaikanlah data yang riil tidak menurut keinginan, tetapi berdasarkan data yang pasti di lapangan karena kepala dusun adalah garda terdepan dalam menyusun data di wilayahnya khususnya data kemiskinan,” tegas Sekda.

Dia menyebutkan penekanan tersebut dilakukan lantaran pihaknya beberapa waktu lalu sempat dipanggil ke provinsi. Dalam arahan pimpinan, menurut Haili Yoga, Bener Meriah berada di peringkat ke lima sebagai kabupaten termiskin di Aceh.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Haili Yoga juga menjelaskan tentang SAKIP Bener Meriah yang memperoleh predikat BB di tahun 2020.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...