Enam unit rumah di Desa Titi Mas, Kecamatan Babul Rahmah, Kabupaten Aceh Tenggara ludes terbakar, Senin (1/3/2021). Satu diantaranya merupakan rumah pribadi wakil bupati Aceh Tenggara. Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara, Mohd Asbi, dikonfirmasi membenarkan kebakaran tersebut. "Dalam kejadian kebakaran sekitar pukul 12.00 WIB siang, api baru dapat dipadamkan setelah empat unit mobil damkar dikerahkan kelokasi kebakaran," ungkap Asbi.

Sekda Buka Kegiatan Panen Perdana Tembakau White Berley

HUMAS PEMKAB BENER MERIAH.
A A A

BENER MERIAH - Kabupaten Bener Meriah yang memiliki tanah yang subur sangat berpotensi untuk pertanian.

Bukan saja untuk komuditi ungulan yang dimiliki dataran tinggi Gayo itu seperti kopi, namun juga untuk komoditi lainya seperti Pisang, Durian, Coklat, dan tembakau cukup berpotensi dikembangkan.

Hal tersebut dicoba dikembangkan kelompok tani hamparan Pemuda Panca Marga (PPM) dengan menanam tembakau jenis white berley di Kampung Alur Cincin Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah.

Mewakili Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi, Seketaris daerah (Sekda) Drs Haili Yoga M Si membuka secara simbolis panen perdana tembakau white berley tersebut. Senin (22/2/2021).

Pemanenan Perdana tersebut dilaksanakan di lahan tembakau milik kelompok Tani Hamparan Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Bener Meriah yang di ketua Iwan Kurnia.

Sekda Bener Meriah, Haili Yoga menyampaikan, sangat mengapresiasi Kelompok tani Hamparan Pemuda Panca Marga atas upaya pengembangan tembakau White Berley di Kabupaten Bener meriah.

Dengan adanya kelompok tani yang mengembangkan komoditas tembakau ini, sehingga nantinya akan membawa nama Bener Meriah sebagai daerah penghasil tembakau, selain sebagai mana saat ini sudah dikenal dunia sebagai daerah penghasil kopi Arabika Gayo.

"Tentunya semakin banyak komoditi pertanian dan perkebunan yang kita hasilkan akan membawa dampak ekonomi yang besar bagi kesejahteraan masyarakat, selain kopi sebagai andalan utama kita, kita perlu mendukung pengembangan komoditi lainnya seperti pengembangan pisang Cavendis dan tembakau seperti yang kita lakukan saat ini,"kata Haili Yoga.

Pemerintah daerah, lanjut Haili Yoga, sangat mendukung program pengembangan tembakau ini, dan menjelaskan bentuk dukungan ini akan dilakukan secara nyata dengan bimbingan, penyuluhan dan pembinaan melalui Dinas Pertanian.

Sebelumnya, Ketua PPM Bener Meriah, Iwan Kurnia menyampaikan, bahwa penanaman tembakau ini dilakukan oleh gabungan jelompok Tani yang sudah mencapai 60 hektar di wilayah Kecamatan Pintu Rime Gayo.

"Ide penanaman tembakau White Berley ini berawal dari tingginya permintaan tembakau saat ini, sehingga hadirnya keinginan untuk mengembangkan potensi tembakau tersebut yang pernah menjadi salah satu hasil bumi andalan dataran tinggi Gayo di masa lalu,"ujar Iwan Kurnia.

Iwan Kurnia menambahkan bahwa tembakau yang ditanam kelompok tani dengan jenis White Berley ini dapat menghasilkan tembakau 3 kg sampai dengan 6 kg, tentunya ini sangat menguntungkan bagi petani karena sebagian jenis tembakau hanya menghasilkan 1 kg sampai dengan 3 kg per batang nya.

Iwan Kurnia berharap dukungan dan bimbingan dari Pemda Bener Meriah dalam upaya pengembangan pertanian tembakau serta pemasarannya ke depan, karena ia yakin jika dilaksanakan dengan peran serta seluruh pihak, maka pertanian tembakau ini bisa menjadi salah satu komoditi andalan bagi petani di Bener Meriah.

Kegiatan Panen Perdana tembakau White Berley ini dihadiri Bupati Bener Meriah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Drs. Haili Yoga, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drh Sopyan, Asisten Administrasi umum Armansyah, kepala Dinas Pertanian Ir Nurisman, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Abdul Kadir, ST, Danramil Pintu Rime gayo Kapten Aep Mukran, Kapolsek Pintu Rime Gayo IPDA Dasril, Tim Asistensi Bupati Alwin Al-lahad dan Pakar cerutu tanoh Gayo Salmy.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...