Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Sejumlah Wilayah di Aceh Selatan Terendam Banjir

MUHAMMAD ILHAMBanjir melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Aceh Selatan
A A A

ACEH SELATAN - Akibat hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi mulai pukul 18.00 WIB di Wilayah Aceh Selatan menyebabkan terjadinya banjir dan pohon tumbang di beberapa Gampong di Aceh Selatan, Sabtu (6/3/2021).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan Cut Syazalisma membenarkan kejadian tersebut.

Adapun kronologis akibat Angin Kencang dan hujan disertai petir yang berlangsung kurang lebih dua Jam dari Pukul 18.00 sd/ 20.00 Wib mengakibatkan terjadinya pohon tumbang dan banjir di beberapa Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan.

"Meluapnya sungai akibat tidak mampu menampung debit air sangat banyak yang dikarekan hujan secara merata dengan intensitas deras,"kata Cut Syazalisma.

Faktor penyebab diatas juga disebabkan dasar sungai yang sudah dangkal,perlu pemeliharaan dengan menormalisasi sungai Sehingga diharapkan dapat mengatasi bajir wilayah DAS yang dimaksud, khususnya dalam Kabupaten Aceh Selatan.

Sebelumnya, menerima laporan tersebut, tambah Kalak, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, melalui BPBD langsung mengarahahkan Tim TRC berada di Pos BPBD-Damkar di wilayah kejadian guna melakukan pemantauan dan penanganan awal.

"Saat ini kita sedang berada pada cuaca ekstrem, kita menghimbau masyarakat agar selalu siaga bila terjadi bencana Hidrometeorologi,"kata Cut.

"Terutama untuk selalu waspada terhadap potensi yang berdampak pada skala sedang, hingga tinggi berupa banjir kategori sedang bahkan untuk daerah aliran sungai,"tutupnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...