Selamat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Mari jadikan momentum ini sebagai bentuk memperbaiki diri serta mengikuti jejak baginda Rasul untuk kebaikan dunia dan akhirat, Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad.

Kepala BKPP Bener Meriah

Sebut Peserta Tes CPNS dan PPPK Non Guru Hanya Sepuluh Persen Lulus Passing Grade

SAMSUDDINKamaruddin
A A A

BENER MERIAH – Tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 untuk tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) baru usai.

Bagi peserta yang dinyatakan lolos ketahap selanjutnya harus memenuhi passing grade (Nilai ambang batas) untuk materi TKW, TIU dan TKP.

Sebagaiman kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menetapkan keputusan Menteri PANRB No. 1023/2021 tentang nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pengadaan PNS Tahun anggran 2021.

Passing grade untuk formasi umum, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65 poin, Tes Intelegensi Umum (TIU) 80 poin, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP ) 166 poin.

Dari hasil tes SKD banyak peserta yang tidak memenuhi passing grade, baik untuk peserta CPNS maupun PPPK. Hal itu juga diamali peserta tes di Kabupaten Bener Meriah.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bener Meriah, Kamaruddin saat dikonfirmasi, Rabu, 22 September 2021 diruang kerjanya menyampaikan, dari jumlah peserta yang ikut tas SKD hanya sepuluh persen yang memenuhi passing grade.

“Baik peserta tes CPNS maupun peserta PPPK non guru di Bener Meriah melihat hasil nilai mereka hanya sepuluh persen yang memenuhi passing grade,” kata Kamaruddin.

Menurutnya, bagi yang tidak memenuhi passing grade maka tidak dapat mengikuti seleksi tahap selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB ).

Bahkan, peserta yang lulus passing grade saja tidak menjamin peserta bisa ikut tes SKB. Hal itu sesuai aturan Permen PAN-RB nomor 27 Tahun 2021. Ungkap Kamaruddin

Ia menjelaskan, dalam aturan tersebut, penentuan peserta SKD yang berhak lanjut ketahap SKB yakni, pengumuman hasil SKD ditentukan paling banyak 3 kali jumlah kebutuhan berdasarkan peringkat tertinggi dari yang memenuhi nilai ambang batas.

Jika terjadi pelamar (peserta ) yang memperoleh nilai SKD sama dan berada pada batas 3 kali kebutuhan jabatan, maka penentuan kelulusan SKD secara berurutan mulai dari TKP,TIU dan TWK. Jika ketiga nilai sama maka semua pelamar diikutkan SKB.

Kamaruddin menerangkan, bagi peserta CPNS  yang tidak lulus seleksi SKD  tahun depan kita buka kembali bagi formasi yang tidak terpenuhi. “Jika tidak ada CPNS dibuka tahun depan maka dialihkan ke PPPK formasi tersebut, begitu juga PPPK non guru juga akan dibuka tahun depan kalau tidak terpenuhi,”terang Kepala BKPP Bener Meriah itu

Diungkapkan Kamaruddin, ada juga formasinya dibuka  satu dan pelamarnya juga hanya satu namun juga tetap tidak lulus karena tidak memenuhi passing grade. Maka formasi itu akan dibuka untuk tahun depan. Pungkas Kamaruddin

seperti yang diketahui, untuk Kabupaten Bener Meriah sebanyak 141 formasi yang dibuka baik CPNS maupun PPPK non guru, yang terdiri dari untuk CPNS sebanyak 67 formasi sedangkan PPPK non guru sebanyak 74 formasi.

sedangkan peserta yang mengikuti, CPNS sebanyak 640 peserta, sedangkan peserta tes PPPK non guru yang ikut sebanyak 232 peserta. []

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...