Direktur Utama PDAM Tirta Daroy Kota Banda Aceh, HT. Novizal Aiyub, SE. Ak, kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin 26 September 2022 episode ke 11 Tahun ke 3 dengan tema: Peran PDAM Tirta Daroy Dalam Melayani Pelanggan dan Menjaga Kualitas Air yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Sarkawi Serahkan LKPJ Tahun Anggaran 2021 Kepada DPRK Bener Meriah

IstBupati Bener Meriah serahkan dokumen LKPJ tahun Anggaran 2021 kepada Ketua DPRK Bener Meriah dalam Rapat Paripurna LKPJ Bupati Bener Meriah
A A A

ACEHIMAGE.COM – Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ ) tahun anggaran 2021. Dokumen LKPJ tersebut langsung diterima Ketua DPRK Bener Meriah, MHD Saleh. Rabu, 30 Maret 2022 di ruang sidang DPRK setempat.

Ketua DPRK Bener Meriah, MHD Saleh dalam pidato pembukaan Sidang Paripurna LKPJ tahun 2021 menyampaikan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah ( PP ) nomor 18 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan pemerintah nomor 13 tahun 2019, tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah pasal 18 ayat (1), bahwa dalam Permendagri tersebut ditugaskan yakni LKPJ Kepala daerah disampaikan dalam rapat paripurna DPRK.

Dimana, rapat paripurna LKPJ kepala daerah tersebut dilaksanakan satu kali dalam satu tahun, paling lambat tiga bulan setelah anggaran berakhir. Ungkap Saleh.

Ia menambahkan, dalam pasal 19 ayat (1) ditegaskan, bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah harus melaksanakan pembahasan LKPJ paling lambat tiga bulan. “ DPRK harus melaksanakan pembahasan LKPJ paling lambat 30 hari setelah menerima LKPJ tersebut diterima,” kata saleh.

Menurut Saleh, DPRK Bener Meriah dalam melaksanakan fungsinya selalu melakukan kontroling dan evaluasi kinerja sesuai dengan fungsi yang ada pada SKPK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah.

“Dalam melaksanakan program dan kegiatan Pemda tahun anggaran 2021, untuk melihat secara utuh sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai dalam pelaksanaan pembangunan tahun 2021 oleh Pemerintah, dan kendala-kendala apa saja yang dialami para SKPK,”ujar Saleh.

Saleh menegaskan, LKPJ Bupati Bener Meriah tahun anggaran 2021  merupakan dokumen yang diterbitkan oleh Pemerintah daerah, baik dalam bidang keuangan, pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pelayanan kemasyarakatan. Kita mengakui bersama, walaupun upaya yang telah dilakukan Pemda secara maksimal yang tujuannya untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Bener Meriah, tetapi masih ada kendala-kendala dalam pelaksanaanya yang belum sesuai dengan yang kita harapkan. Pungkas Saleh.

“Untuk itu, harapan  kita kepada semua unsur agar bekerja keras dan bekerjasama untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bener Meriah,”pinta Polisi Golkar itu.

Sementara itu, Bupati Bener Meriah dalam sambutanya menyampaikan, LKPJ Bupati Bener Meriah tahun anggaran 2021 disusun berdasarkan, arah kebijakan umum pemerintah Kabupaten Bener Meriah, pengelola keuangan Kabupaten Bener Meriah termasuk pengelola pendapatan dan belanja daerah.

Abuya Sarkawi menerangkan, dari segi pendapatan daerah pada tahun 2021 dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp. 1.044.222.983.533.( Satu triliun empat puluh empat milyar dua ratus dua puluh dua juta Sembilan ratus delapan puluh tiga ribu lima ratus tiga puluh tiga rupiah) dengan realisasi Rp. 1.018.231.449.375 atau secara kumulatif mencapai 97,51 persen.

Kata Sarkawi, pencapaian target pendapatan tersebut mencakup semua pendapatan daerah, baik itu pendapatan asli daerah (PAD ). Dana perimbangan maupun pendapatan lain-lainnya.

Dalam kesempatan itu, Abuya Sarkawi juga memaparkan beberapa prestasi yang telah berhasil diraih oleh Kabupaten Bener Meriah diantaranya, penghargaan dari Pimpinan Ombudsman atas kepatuhan Bener Meriah dalam pelayanan publik yang dinilai oleh Ombudsman perwakilan Aceh, penghargaan Aceh Investment Awards tahun 2021 pada acara Aceh Gayo Sustainable Investment Dialogue.

Penghargaan lainnya, penghargaan dari Komisi Informasi Aceh atas prestasi evaluasi pelaksanaan keterbukaan informasi publik, penghargaan dari BKKBN, Bener Meriah juga menerima penghargaan Indonesia Awards tahun 2021.

“Kedati demikian, kami juga masih membutuhkan saran dan masukan dari DPRK Bener Meriah untuk Kabupaten Bener Meriah ini, “imbuh Sarkawi.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...