Sekretaris Pusham Unsyiah, Suraiya Kamaruzzaman, menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 20 Januari 2022 episode ke 44 Tahun ke II dengan tema: Apakah Cambuk Solusi Terakhir Bagi Predator Seksual?, yang dipandu oleh host Siti Aminah Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Sanggar Kesenian Mude Benara Terima Bantuan Kearifan Lokal Dari Kemensos RI

For acehimage.comBengkel Las usaha penguatan ekonomi kelompok sanggar Mude Benara
A A A

ACEHIMAGE.COM — Kementerian Sosial melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) menyalurkan bantuan program kearifan lokal untuk Kabupaten Bener Meriah.

Bantuan kearifan lokal sebesar Rp. 50 juta itu disalurkan ke Sanggar Seni Mude Benara Kampung Mude Benara, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bener Meriah, Ir Mahmuddin kepada media ini, Kamis, 30 Desember 2021 menyampaikan, bantuan Kearifan Lokal (KL) yang diberikan Kemensos RI untuk mencegah radikalisme dan meningkatkan ketahanan masyarakat merawat kearifan lokal.

Menurut Mahmuddin, hal tersebut sesuai dengan amanat undang-undang nomor 07 tahun 2012 tentang penangan konflik sosial, untuk itu Kementerian sosial hadir merawat dan menjaga harmonisasi kebangsaan.

“Semoga bantuan ini dapat meminimalisir serta mencegah konflik sosial sehingga menciptakan harmonisasi kebangsaan,” kata Mahmuddin.

Dijelaskan Kadis Sosial Bener Meriah itu, mekanisme pengajuan bantuan dilakukan Pemerintah desa kepada Dinas Sosial Kabupaten. Setelah itu, melalui rekomendasi Pemerintah Provinsi dapat diusulkan ke Kementerian Sosial. Ujarnya

Sementara itu, Ketua Sanggar Seni Mude Benara, Ikhwan menyampaikan, pihaknya telah menerima bantuan Kearifan Lokal (KL) itu pada tanggal 13 Desember 2021 yang lalu sebanyak Rp. 50 juta rupiah.

Bantuan tersebut separuh kita belikan untuk peralatan sangar, dan separuhnya lagi untuk penguatan ekonomi membeli alat-alat bengkel.

“Dengan adanya usaha bengkel milik sanggar Seni Mude Benara tentu menjadi sumber income Sangar Mude Benara, sehingga kapanpun sanggar ini tampil tidak memikirkan lagi biaya transportasi atau biaya lainnya,” jelas Ikhwan.

Ia mengatakan, sangar Mude Benara telah berdiri sejak tahun 2017 yang lalu. Melalui sangar ini kita akan melihat bakat-bakat para anak muda di Kampung Mude Benara yang dapat dimaksimalkan kemampuannya sekaligus untuk menghindari kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat.

“Dengan adanya aktivitas kesenian di bawah binaan Sanggar Seni Mude Benara ini kita dapat menggali potensi seni para generasi. Dan semoga dengan kegiatan kesenian dapat mencegah anak-anak untuk tidak terjerumus dalam narkoba atau kriminal,” terangnya.

Kami mengucapkan terimaksih kepada Kemensos RI dan Dinsos Bener Meriah, semoga dengan bantuan ini sangar Mude Benara lebih eksis kedepan.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...