Dr. Zainuddin, SE, M.Si, Pakar Ekonomi dan juga Dekan Fakultas Ekonomi USM, narasumber peHTem edisi Kamis 17 Juni 2021 episode 48 dengan tema: Setelah Pedagang Dipaksa Hengkang, Tepatkah Pasar Penayong Jadi Wisata Kuliner? dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Sakit, Warga Pedalaman Aceh Timur Terpaksa Dievakuasi Pakai Gerobak Lori

Tribrata NewsM Sarung (80) warga Desa Pante Kera, Kecamatan Simpang Jernih, Aceh Timur terpaksa dievakuasi menggunakan gerobak lori lantaran sakit parah, Minggu, 30 Mei 2021
A A A

ACEH TIMUR - Usia pak Sarung sudah memasuki 80 tahun. Tubuhnya ringkih, fisiknya tak lagi berdaya. Dia merupakan warga Desa Pante Kera, Kecamatan Simpang Jernih, Aceh Timur.

Sudah lama pak Sarung terbaring di rumahnya, lantaran menderita batu karang dan kelumpuhan. Minggu, 30 Mei 2021, penyakit pak Sarung kian menjadi. Dia harus dievakuasi ke rumah sakit untuk mendapat penanganan medis.

Warga Desa Pante Kera belakangan membawa pak Sarung ke rumah sakit terdekat. Namun, proses evakuasi malah menjadi lambat lantaran tempat tinggal pak Sarung sulit diakses dengan transportasi yang tepat.

Keluarga pak Sarung kemudian melapor ke Puskesmas Simpang Jernih. Akan tetapi, puskesmas setempat tidak memiliki alat yang memadai untuk menangani penyakit pak Sarung.

Alhasil pak Sarung terpaksa diangkut menggunakan perahu getek untuk mengarungi sungai Krueng Tamiang dari rumahnya di Pantai Kera, menuju Desa Batu Sumbang. Beruntung, proses evakuasi pak Sarung mendapat bantuan dari dua personel Bhabinkamtibmas Polsek Simpang Jernih, Bripka Edy Purnawirawan dan Bripka Dennis R.

Setiba di Batu Sumbang, pak Sarung kemudian dibawa menggunakan gerobak lori yang biasanya dipakai untuk mengangkut pasir atau bahan-bahan bangunan pekerja konstruksi. "Hal ini dilakukan (karena) tidak adanya peralatan dan medan yang sulit dilalui," kata Kapolsek Simpang Jernih, Ipda Saidir.

Di daratan Batu Sumbang, kemudian pak Sarung diangkut lagi menggunakan ambulans Puskesmas Simpang Jernih. Pria renta tersebut lantas dibawa ke rumah sakit Aceh Tamiang, "untuk diagnosa penyakitnya lebih lanjut."[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...