Komisi IV DPRK Banda Aceh melakukan pertemuan dengan Kepala Dinas Kesehatan dan para kepala Pukesmas di Kota tersebut. Pertemuan ini membahas penanganan COVID-19 yang terus merambah di ibu Kota Provinsi Aceh. Ketua Komisi IV DPRK Banda Aceh Tati Meutia Asmara mengharapkan untuk daerah tersebut agar dilakukan pengadaan alat tes uji swab oleh Pemerimntah setempat. "Turut juga bertemu dengan direktur RSUD Meuraxa, dari pertemuan itu sangat banyak menemukan permasalahan baru, yaitu claster-claster baru yang terbentuk di Kota Banda Aceh," kata Tati Meutia Asmara kepada wartawan usai pertemuan dengan mitra kerja,Kamis (6/8/2020).

Jangan Panik!

Sakit Gigi pada Anak bisa Diatasi dengan Cara Ini

ThinkstockAda banyak macam obat sakit gigi pada anak
A A A

JAKARTA - Sakit gigi bukan hanya bisa dirasakan oleh orang tua saja. Anak-anak juga dapat mengalaminya. Untuk itu, orangtua perlu tahu cara mengatasi sakit gigi anak.

Penyebab maupun obat sakit gigi pada anak bisa jadi sangat beragam. Menurut Park Avenue Dental, sakit gigi yang dialami anak dapat disebabkan oleh kerusakan pada gigi, tumbuh gigi, masalah sinus, tambalan gigi, cara menyikat gigi yang salah, gigi yang tidak beraturan, ataupun karena diet. Sakit gigi dapat membuat anak tidak nyaman dan tidur menjadi terganggu.

  1. Lakukan Komunikasi dengan Anak

Dikutip dari Children's Dental World, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan sakit gigi seperti apa yang dirasakan anak. Komunikasikan dengan anak untuk mencari penyebabnya. Bisa jadi sakit gigi yang dimaksud anak adalah lidah yang tergigit atau gusi yang sakit.

  1. Bersihkan Sela Gigi dengan Benang Gigi

Benang gigi (dental floss) bisa digunakan oleh orang tua untuk membersihkan sela-sela makanan di gigi anak. Hal ini dilakukan jika kerusakan gigi tak terlihat bolong atau pembengkakan. Makanan yang tersisa di sela gigi dapat memicu tekanan pada saraf yang membuat anak merasa sakit.

  1. Kumur dengan Air Hangat

Berikan air hangat atau air hangat yang diberi garam untuk menghilangkan rasa sakit sementara. Campur segelas air hangat dengan 1/2 sendok teh garam lalu kumur-kumur pada area yang sakit.

  1. Beri Panganan yang Halus

Saat mengalami sakit gigi, berikan hanya panganan yang halus dan bersuhu ruangan pada anak. Sebab, makanan yang terlalu panas atau dingin akan membuat gigi semakin sakit.

Jika sakit gigi terus berlanjut, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter gigi. Hal ini bisa mencegah sakit gigi menjadi lebih parah.

Sumber:Detik.com
Rubrik:KESEHATAN

Komentar

Loading...