Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Sadari Pentingnya Peran Pers, Komisi A DPRD Sumut Sambut Positif FKWI dan IJCI

FKWI dan IJCI
A A A

MEDAN - Menyadari pentingnya peranan pers, Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Sumut, Hendro Susanto, Rabu (7/4/2021) siang menyambut positif kehadiran Pengurus Forum Komunikasi Wartawan Indonesia (FKWI) dan Pendiri Ikatan Jurnalis Cendekia Indonesia (IJCI).

Menurut Hendro, keberadaan FKWI dan IJCI serta keberadaan organisasi pers maupun kehadiran wartawan, sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang pemerintahan yang baik. Sebab, melalui pers dengan media massanya, segala aktivitas positif lembaga pemerintahan dapat diketahui oleh khalayak.

"Pers ini pilar keempat demokrasi. Dengan hadirnya insan pers, organisasi pers akan membantu tata kelola pemerintahan. Yakni, dengan pemberitaan agenda pemerintah, maupun kritik atas kebijakan yang dibuat oleh pemerintah," tegas Hendro.

Bahkan, sebagai pimpinan komisi A, Hendro sedang merancang program yang di dalamnya melibatkan wartawan. Agar menjadi informasi, maupun edukasi bagi masyarakat.

"Kita akan gandeng wartawan, dan kita juga mau buat studio mini di sini," sebut Hendro.

Sementara itu, para pentolan organisasi wartawan tersebut, memuji sikap terbuka dari Ketua Komisi A DPRD Sumut yang mau dan cepat merespon permintaan kunjungan mereka.

"Kami mengapresiasi pak Hendro. Baru kemarin kami ajukan untuk bertemu, langsung diacc," puji Direktur FKWI Muhammad Hendrik Paris Hutapea, SH melalui Sekretarisnya Prasetiyo, M.I.Kom, didampingi Ketua IJCI Deta Desra Gea SH, Pendiri IJCI M. Solihan Hasibuan dan Hery Buha Manalu.

Silaturahmi lintas organisasi yang mereka lakukan merupakan agenda rutin, untuk mengenalkan organisasi dan program yang mereka rancang sejak lama, namun pelaksanaannya terhambat akibat Covid-19.

"Meskipun sudah kenal secara indvidu, namun silaturahmi secara kelembagaan harus tetap dilakukan," tambah Prasetiyo.

Pengurus FKWI dan Pendiri IJCI sangat bangga, serta mendukung rancangan program Hendro Santoso. Ia berharap, melalui program tersebut, Hendro Santoso dan Anggota Komisi A DPRD Sumut mampu membawa fungsi legislatif berjalan secara maksimal.[]

Penulis:Prasetyo
Rubrik:NASIONAL

Komentar

Loading...