Aktivis Perempuan, Yulindawati kembali menjadi narasumber peHTem edisi Kamis, 9 Februari 2023 episode ke 50 Tahun ke 3 dengan tema: Pedagang Kaki Lima Tertindas, Benarkah LKMS Mahirah Muamalah Melakukan Praktek Lintah Darat di Nanggroe Syariah? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Dihitung Rp8.000 Perkilometer

RSUDZA Banda Aceh Tingginya Patok Biaya Pemulangan Jenazah

IntIlustrasi
A A A

ACEH UTARA - Seorang warga Aceh Utara terpaksa mencari mobil ambulans diluar Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh untuk proses pemulangan jenazah keluarganya akibat tinggi biaya ongkos yang diminta pihak RSUZA Banda Aceh.

Karena tingginya biaya, terpaksa pihak keluarga mencari armada lain untuk melakukan pemulangan jenazah orang tua yang lebih murah dari harga ambulans di RSUZA, diduga pungutan biaya di RSUZA tersebut jauh dari ongkos biaya ambulance di luar RSUZA.

“Saya terpaksa mencari ambulans diluar untuk memulangkan jenazah ayah saya. Bila saya menggunakan ambulans dari RSUZA maka saya harus membayar biaya pemulangan jenazah sekitar Rp 2,2 juta dari Banda Aceh ke Krueng Geukuh (Aceh Utara) dengan hitungan Rp 8.000 perkilometer,"kata Muksin kepada media ini. Senin,12 Desember 2022 anak dari almarhum tersebut.

Dijelaskan, karena merasa penasaran, pihak keluarga ingin mengerti kejelasan dasar pengutipan tersebut, kemudian mendatangi pihak pemotor di RSUZA untuk menanyakan perihal pengutipan ongkos tersebut, namun diruangannya, kepala pemotor tidak ada di tempat.

"Karena saya sudah protes, lalu ada beberapa keluarga pasien disitu mengadu perihal sama kepada saya, tadi ada juga keluarga pasien ingin memulangkan jenazah ke Langsa, maka pasien itu harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 3,7 Juta. Sedangkan ke Aceh Jaya (Calang) pemulangan Jenazah harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 2 Juta bila menggunakan mobil ambulans dari RSUZA seraya menunjukkan kertas yang tertulis dasar pengutipan biaya ambulance tersebut." ujar Muksin meniru keluhan keluarga  lain kepada media ini.

Maka untuk lakukan proses pemulangan Jenazah orang tua kami, jadi kami terpaksa menggunakan ambulans diluar RSUZA, selain biayanya murah pembayaran tidak langsung harus dibayar ditempat dan harus membayar uang muka.

"Jika jenazah dipulangkan dengan mobil ambulans rumah sakit, pihak RSUZA langsung meminta pembayaran dimuka. Meskipun kami memohon agar jenazah dipulangkan lebih dahulu dan setiba dirumah duka dibayar, tapi pihak RSUZA tidak mau dan wajib minta dibayar muka terlebih dulu,” sebutnya.

Kepala pemotor RSUZA Banda Aceh Syakban kepada media ini mengatakan, pemulangan jenazah sudah bebas biaya sesuai surat edaran yang diterima semalam. Karena surat edaran itu baru dilihat tadi pagi maka biaya pemulangan jenazah semalam uangnya akan dikembalikan.

"Pemulangan Jenazah sudah ditanggung oleh pihak pemerintah, bagi yang membayar semalam, uangnya akan kami dikembalikan, semalam ada jenazah dipulangkan ke aceh timur, sudah kami hubungi dan akan kami kembalikan uangnya. Kalo lebih jelas tolong bapak tanyakan ke humas."jelasnya.

Sedangkan Humas RSUZA Banda Aceh saat dihubungi beberapa kali melalui seluler tidak angkat, namun selang beberapa puluh menit mencoba hubungi kembali, tapi panggilan selulernya juga tidak tersambung.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...