Puluhan warga Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat menolak keberadaan pasien reaktif covid-19 di Puskesmas Pembantu (PUSTU) Suak Raya pada Selasa (07/07/2020). Sebelumnya, seorang awak Kapal Teluk Sinabang yang dinyatakan reaktif covid-19 setelah dilakukan tes cepat atau rapid test oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di pelabuhan Bubon, lalu di bawa ke PUSTU Suak Raya untuk dilakukan karantina sembari menunggu hasil uji swab keluar.

Antisipasi Covid 19

RSUD Munyang Kute Periksa Suhu Tubuh Pengunjung

SAMSUDINPemeriksaan suhu tubuh
A A A

BENER MERIAH – Sebagai bentuk antisipasi pencegahan penyebaran virus corona (Covid 19), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Munyang Kute Kabupaten Bener Meriah mulai memberlakukan kebijakan pengecekan suhu tubu bagi setiap warga yang masuk ke RSUD tersebut.

Pemberlakukan pengecekan suhu tubuh bagi setiap warga yang masuk ke RSUD Munyang Kute mulai dilakukan Rabu (18/3/2020)hari ini. Kepala Tata Usaha (KTU) RSUD Munyang Kute Bener Meriah Zakaria saat dikonfirmasi acehimagee.com, mengatakan pemberlakukan sistem pengecekan suhu tubuh bagi setiap warga yang masuk kedalam kawasan RSUD ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat koordinasi (Rakor) beberapa hari yang lalu bersama Bupati dan seluruh stakeholder di Kabupaten Bener Meriah.

“Pengecekan suhu tubuh ini dilaksanakan berdasarkan intruksi dari pemerintah, apabila terdapat suhu tubuh diatas 38 maka kita harus melakukan screening terhadap warga tersebut, nanti ada pom khusus untuk screening,“ jelas Zakaria.

Menurut Zakaria, saat screening pihaknya akan menanyakan pertanyaan-pertanyaan apakah dia baru pulang dari luar negeri, dan pernah bersentuhan dengan orang yang sebelumnya pernah terpapar virus corona.

"Tapi disini kita hanya melakukan screening untuk mengambil kesimpulan apakah orang tersebut termasuk ODP (Orang dalam pengawasan)," katanya.

Jika terbukti terjangkit virus corona, Zakaria menyebukan harus dirujuk ke dua rumah sakit yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Aceh, Yaitu RUSDZA di Banda Aceh dan RSUD Cut Mutid di Lhokseumame.

Selain memberlakukan kebijakan pengecekan suhu tubu, di RSUD Munyang Kute juga telah memberlakukan peniadaan (melarang) kunjungan keluarga selama batas waktu yang belum di tentukan.

"Jadi untuk menjaga pasien kita hanya membolehkan satu orang keluarga yang mendampingi pasien,"ungkap Zakaria

Mewakili seluruh pihak RSUD Munyang Kut, dia menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk sementara waktu agar tidak berkunjung ke RSUD kecuali bagi warga yang berobat.

Bahkan RSUD Munyang Kute mulai hari ini telah diberlakukan kebijakan pemeriksaan suhu tubuh di perbatasan bagi setiap warga yang masuk ke Bener Meriah, seperti di Perbatasan dengan Aceh Utara.

Dari pengakuan petugas pengecek suhu tubuh, sejauh ini tidak ada warga Bener Meriah yang suhu tubuhnya mencapai 38.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...