Pimpinan Pesantren Darul Mujahiddin Kota Lhokseumawe, Tgk Muslim At Thahiri menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 18 Agustus 2022 episode ke 104 Tahun ke II dengan tema: Festival Ekonomi Syariah Yang Tidak Syariah, Masyarakat Kecam Bank Indonesia? yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Krisis Kepercayaan Dari Masyarakat

Reje Kampung Bener Mulie Resmi Diberhentikan

For acehimage.comSK pemberhentian Reje Kampung Bener Mulie
A A A

ACEHIMAGE.COM –  Reje Kampung Bener Mulie, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Desi Ayuningtias resmi diberhentikan oleh Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah.

Pemberhentian Reje Kampung Bener Mulie itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Bener Meriah nomor: 141/473/SK/2022 tentang pemberhentian Reje Kampung Bener Mulie.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Bener Meriah, Suarman saat dikonfirmasi acehimage.com, Jum'at, 1 Juli 2022 menyampaikan, sesuai dengan Qanun Bener Meriah nomor 4 tahun 2015 tentang pemerintahan Kampung, maka Reje Kampung Bener Mulie atas nama Desi Ayuningtias dapat diberhentikan dari jabatanya.

Hal itu, karena terjadinya krisis kepercayaan yang meluas dari masyarakat terhadap kepemimpinan Reje Kampung Desi Ayuningtias. “Kampung Bener Mulie sejak beberapa tahun kebelakangan ini sudah bermasalah kepemimpinan, antara Reje,Petue, dan masyarakat,” kata Suarman.

Jadi, sebelumnya sudah dilakukan mediasi baik dari pihak Kecamatan, forkopimcam Wih Pesam dan juga pihak DPRK. Sempat berjalan sebentar, dalam perjalanan keharmonisan tidak berjalan baik hingga sampai pada puncaknya akibat persoalan itu kantor Desa tidak dapat difungsikan. Jelas Suarman.

“Kantor desa sempat tidak dapat difungsikan, akhirnya kembali dimediasi lagi namun hasilnya tidak sesuai harapan. Terakhir di qanun Bener Meriah memang memungkinkan karena krisis kepercayaannya sudah tinggi dan setelah kita coba lihat persyaratan untuk itu maka krisis kepercayaan ini semakin memuncak dan kondisi pemerintahan semakin agak sulit,” ungkap Suarman.

Jadi berdasarkan aturan dan surat petue Kampung Bener Mulie nomor: P-05/VI/P-BM/2022 tanggal 02 JUni 2022 perihal memohon pemberhentian Reje Kampung Bener Mulie, serta Surat Camat Wih Pesam nomor: 141/452/2022 tanggal 03 Juni 2022 perihal permohonan pemberhentian Reje kampung Bener Mulie.

Atas hal itu, Pemerintah memberhentikan Desi Ayuningtias secara tidak hormat sebagai Reje Kampung Bener Mulie.

Untuk mengisi kekosongan jabatan Reje Kampung, maka akan ditunjuk salah satu ASN dari Kecamatan setempat untuk menjadi Bedel. “Kami sudah mengajukan pengusulan kepada Bupati menunjuk Bedel Kampung Bener Mulie,” jelas Suarman.

Sementara itu, Camat Kecamatan Wih Pesam, Sabri saat di konfirmasi menegaskan, persoalan Kampung Bener Mulie pihaknya bersama Forkopimcam Plus Kecamatan Wih Pesam telah berkali-kali melakukan mediasi.

“Sebelum pemberhentian kita sudah berupaya mengklarifikasi kepada masyarakat, namun masyarakat tidak terima dengan kinerja Reje kampung, karena Reje Kampung itu menciptakan masyarakat terkotak-kota dengan terlalu sering gonta-ganti aparatur kampung,” terang Sabri.[]

Komentar

Loading...