Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh Syariah, Amal Hasan menjadi narasumber peHTem edisi Senin 10 Mei 2021 Episode 37 Tahun ke 2 dengan Tema: Sahuti Kebutuhan Masyarakat, Bank Aceh Luncurkan Kartu Debit yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Ramadan Mendidik Manusia Menjadi Bertaqwa

Ilustrasi
A A A

Tradisi kebaikan yang ada pada ibadah puasa hendaklah dapat kita implementasikan di dalam kehidupan sehari-hari agar kita tergolong pada hamba yang bertaqwa.

Subhan Tomi ASN Pemkab Aceh Singkil

IBADAH memiliki pengaruh penting serta peran yang dapat menentukan dalam proses perbaikan hubungan antara manusia dengan Pencipta, manusia dengan manusia.
Didalam Islam ada ajaran untuk beribadah kepada Allah SWT. Sedangkan ibadah memiliki berbagai macam cara yang telah di tetapkan selain itu ibadah memiliki sejumlah rahasia antara Allah dan hamba-NYA.

Rukun Islam telah menggarisbawahi bahwa pokok dasar Islam salah satu adalah Berpuasa pada bulan Ramadhan yang di perintahkan dalam Al Qur’an Surah Al-Baqarah Ayat 183 : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”. Yang dalam perjalanannya mendidik manusia untuk menjadi hamba yang bertaqwa.

Berpuasa adalah bentuk kecintaan hamba kepada Allah SWT. Yang bertujuan bagaimana manusia dapat mengontrol nafsu syahwat yang telah di berikan, membiasakan bersabar didalam segala hal, mengasah kepekaan.

Kita bisa rasakan secara bersama bagaimana tidak berdayanya manusia yang di hadapkan pada Pandemi COVID-19. Terlebih di saat bulan Ramadhan dimana adanya pembatasan sosial secara besar-besaran, sudah seharusnya dengan perjalanan spiritual puasa kita dapat melihat, merasakan penderitaan fakir, miskin mengambil hikmah bahwa sebagai manusia kita wajib peka dengan keadaan mereka salah satu cara melalui sedekah, zakat yang dapat mengurangi beban mereka.

Marilah kita renungkan salah satu sabda Rasulullah Saw: “Puasalah di bulan melatih kesabaran, yakni bulan Ramadan” (Shum syahr al-shabr Ramadhan). Jika salah satu hikmah berpuasa adalah melatih kesabaran, maka terlebih lagi berpuasa dalam situasi pandemi seperti saat ini. kita dituntut didalam pendidikan puasa untuk selalu bersabar didalam menjalan perintah dan larangan Allah.

Puasa juga menahan, mengontrol nafsu syahwat yang terdapat dalam diri manusia. Pada saat seseorang berpuasa dapat dipastikan dirinya sedang bersabar dari segala hal yang dapat membatalkan puasanya, seperti makan, minum, berhubungan badan suami-istri semenjak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Seseorang yang berpuasa pada dasarnya sedang berada di puncak kesabaran yang tidak ada bandingannya, baik di dunia maupan kelak ketika berhadapan langsung dengan Allah Swt pada hari kiamat.

Tradisi kebaikan yang ada pada ibadah puasa hendaklah dapat kita implementasikan di dalam kehidupan sehari-hari agar kita tergolong pada hamba yang bertaqwa.

Mari segenap masyarakat Indonesia yang beragama Islam dan berada di zona hijau dan kuning, tahun ini patut bersyukur. Sebab, diberikan kelonggaran beribadah di bulan puasa melebihi apa yang diterima oleh penduduk di negara Islam lainnya.

Wujud syukur itu kita buktikan dengan menjalankan puasa di siang harinya dan mendirikan shalat sunnah tarawih di waktu malamnya, serta memperbanyak amalan sunnah, seperti memperbanyak tadarrus al-Quran, beri’tikaf, bersedekah, dan lain sebagainya. Ingat, semua dilakukan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan membatasi kapasitas tempat agar bisa saling menjaga jarak.

Mudah-mudahan Allah SWT. Senantiasa menjaga kita, melindungi keluarga kita, agar tetap sehat, aman, dan tentram dalam menunaikan ibadah puasa dan ibadah-ibadah sunnah lainnya di bulan yang sangat mulia ini. Kita berharap semoga dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT.[]

Penulis:Subhan Tomi
Rubrik:OPINI

Komentar

Loading...