Pengamat Kebijakan Publik, Dr. Nasrul Zaman, ST, M.Kes, kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin 4 Juli 2022 episode ke 91 Tahun ke II dengan tema: Banda Aceh Terutang, Pejabat Ramai-Ramai Pelisiran Ke Medan, Ada Apa?, yang dipandu oleh host Siti Aminah, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Rakyat Palestina Bersatu Sikapi Serangan Udara Israel

AP/Republika.co.idSeorang demonstran Palestina menggunakan katapel untuk mengembalikan tabung gas air mata ke arah tentara selama bentrokan dengan pasukan Israel di pintu masuk utara kota Ramallah, Tepi Barat, Selasa, 18 Mei 2021.
A A A

AL QUDS - Ratusan ribu rakyat Palestina mogok kerja untuk merespons serangan udara Israel di Jalur Gaza dan penindakan keras pasukan keamanan di Yerusalem (Al Quds) dan Tepi Barat. The New York Times melaporkan aksi ini juga dilakukan pekerja di seluruh Tepi Barat dan Gaza.

Media Israel sudah melaporkan aksi mogok kerja dan turun ke jalan ini. "Ini pertama kalinya kami melihat hampir semua orang berpartisipasi dalam mogok kerja," kata warga Tamra, utara Israel, Castro Othman pada the Times, seperti dikutip Ahram, Rabu (19/5).

"Kami pernah mencobanya sebelumnya tapi hasilnya tidak pernah seperti ini," tambah Othman.

Media Israel melaporkan masyarakat Arab Israel juga berpartisipasi dalam mogok kerja ini. Warga Palestina di daerah pendudukan Tepi Barat seperti Yerusalem Timur dan Gaza mulai melakukan mogok ekonomi, perdagangan dan pendidikan pada Selasa (18/5) selalu.

Aksi ini digelar sebagai bagian dari respons terhadap tindakan militer Israel. Warga Palestina di desa dan kota-kota Israel juga menutup pintu mereka sebagai bagian dari aksi mogok ini.

Sejak awal bulan suci Ramadhan, Israel memasang penghalang di luar Gerbang Damaskus. Sehingga ribuan masyarakat Palestina tidak bisa melakukan tradisi mereka untuk berbuka puasa dan berkumpul di daerah itu sebelum shalat Tarawih.

Israel juga berencana mengusir beberapa keluarga Palestina di pemukiman Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur. Daerah di mana masyarakat Palestina di serang. Hal ini mendorong gelombang unjuk rasa di Tepi Barat dan Yerusalem.

Israel juga melancarkan serangan udara agresif di Gaza. Gelombang kekerasan Israel di Tepi Barat, Yerusalem dan Gaza telah menewaskan puluhan warga Palestina.[]

Sumber:REPUBLIKA
Rubrik:DUNIA

Komentar

Loading...