Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Puting Beliung Rusak Atap Bangunan SD Negeri Seni Antara

Atap bangunan salah satu ruang SDN Seni Antara rusak dihantam angin puting beliung
A A A

BENER MERIAH - Angin puting beliung menerjang rumah Sekolah Dasar (SD) Negeri Seni Antara, Kecamatan Permata, Kabupaten Bener Meriah, Jumat, 2 April 2021 sekira pukul 15.00 WIB. Atap dua ruangan di sekolah tersebut rusak.

Ikhwal kejadian tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Bener Meriah, Sukur. Dia menyebutkan bangunan yang atapnya rusak adalah ruang Perpustakaan dan kantor Dewan Guru.

Meskipun demikian, insiden tersebut tidak mengganggu aktivitas belajar mengajar esok hari. Sukur mengatakan sekolah akan dilaksanakan seperti hari biasanya.

"Besok kita dari Dinas Pendidikan akan turun meninjau sekolah tersebut sekaligus membersikan barang-barang di sana," kata Sukur.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah rumah warga rusak akibat angin kencang yang melanda kawasan Kabupaten Bener Meriah pada Jumat dinihari tadi. Di Kampung Panji Mulia 1 Kecamatan Bukit setidaknya terdapat tiga unit rumah warga yang bagian atapnya dihempas angin. Selain itu, masih di desa tersebut, satu unit rumah warga juga terimbas angin kencang yang melanda kawasan.

Informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda diketahui cuaca tidak bersahabat masih akan terus terjadi di Bener Meriah.

Dari prakiraan cuaca yang dilaporkan BMKG pada Jumat malam, diketahui awan tebal dengan kecepatan angin 10 Km/per jam akan melanda beberapa kecamatan di dataran tinggi Gayo tersebut hingga Minggu, 4 April 2021 mendatang. Suhu di Bener Meriah juga diperkirakan mencapai 16-27 derajat celcius dengan kelembapan udara berkisar antara 75-100 persen dalam dua hari ke depan.[]

Rubrik:ACEHNEWS

Komentar

Loading...