Juru Bicara Partai Aceh, Nurzahri ST, narasumber peHTem edisi Kamis 24 Juni 2021 episode 50 dengan tema: Dewan Partai Aceh Sibuk Pokir, Peringatan Muzakir Manaf Serius atau Sensasi?, dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Puluhan Warga Rohingya Kembali Terdampar  di Aceh Timur

IstimewaEtnis Rohingya saat terdampar di Pulau Idaman, Desa Kuala Simpang Ulim, Aceh Timur, Jumat (04/06/2021).
A A A

ACEH TIMUR - Sebanyak 81 etnis Rohingya kembali terdampar  ke Aceh Timur, Jumat (4/6) sekira pukul 02:30. Untuk sementara, mereka berlabuh di sebuah pulau kecil di Desa Kuala Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur. Jumat, 04 Juni 2021.

Salah seorang M Ilyas (50 tahun), Etnis Rohingya mengatakan, awalnya etnis Rohingya tersebut mulai perjalanan dari Myanmar ke Malaysia, namun karena kondisi pandemi COVID-19, Malaysia menolaknya.

"Lalu kami terdampar ke laut India, namun karena kapal kami bocor dan rusak, lalu nelayan India memberikan kami kapal untuk seterusnya melanjutkan perjalanan," kata M Ilyas.

Setelah sebulan terombang-ambing di laut lepas, lalu mereka terdampar ke pulau kecil. "Kapal  rusak, sehingga kami berlabuh ke pulau ini," kata M Ilyas.

Berdasarkan hasil catatan sementara, 11 diantara  anak-anak dan 49 wanita serta selebihnya laki-laki. Saat ini sejumlah warga yang mengetahui adanya etnis Rohingya lalu berbondong-bondong untuk melihatnya.

Namun untuk mencapai lokasi harus menumpang jasa mesin  sekitar lima menit. Kendati demikian, warga yang mendekat tetap memakai masker dan menjaga jarak untuk menghindari penularan COVID-19.

Setelah kapal yang mereka tumpangi  kandas, lalu etnis Rohingya menggunakan dua unit speedboat karet secara berangsur.

"Kami bangun sudah ada kapal di pulau tampak orang. Setelah kami mendekat ternyata etnis Rohingya sudah berlabuh ke pulau dan kapalnya kandas sekitar 900 meter dari pulau. Kabarnya mereka sudah berhari-hari di laut tanpa bekal makanan, sehingga warga memberikan makanan dan pakaian." kata Idris, Kapala Desa Kuala Simpang Ulim.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...