Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Pelanggar Prokes Turut Dihentikan

Puluhan Pelanggar Syariat Islam Terjaring Razia

ISTIMEWARazia penertiban busana dan protokol kesehatan
A A A

BANDA ACEH - Satpol PP dan WH Aceh bersama TNI dan Polri melakukan razia busana muslim di Simpang Mesra Jalan T Nyak Arif Banda Aceh, Rabu 10 Maret 2021.

Razia yang dilakukan dari pagi sampai siang tersebut menjaring 80 orang pelanggar, terdiri dari 26 orang pelanggar qanun nomor 11 tahun 2002 tentang Pelaksanaan Syariat Islam dan 54 orang pelanggar Pergub Aceh nomor 51 tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan.

Kasi Operasi dan Pengawasan Syariat Islam Satpol PP dan WH Aceh M.El Amin SE menjelaskan para pelanggar tersebut didata dan dikenakan sanksi berupa teguran dan nasehat, agar kedepan selalu menggunakan pakaian yang sesuai dengan syariat islam dan tidak lupa menggunakan masker saat berada diluar rumah.

"Kegiatan utama hari ini adalah penegakan syariat islam disamping itu kita juga melaksanakan penegakan protokol kesehatan untuk mencegah covid-19,"tambah El Amin.

Pelanggar syariat umumnya perempuan menggunakan pakaian ketat dan bagi laki laki menggunakan celana pendek. Sedangkan pelanggar protokol kesehatan berupa tidak menggunakan masker.

"Kita menghibau kempada masyarakat selalu agar selelu mengunakan pakaian yang sesuai dengan syariat islam, dan menggunakan masker serta selalu mematuhi protokol kesehatan,"ujar El Amin.

Kontributor:Lasdianto
Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...