Puluhan Hektar Lahan Gambut di Aceh Jaya Terbakar

VINDA EKA SAPUTRAPetugas gabungan sedang berusaha memadamkan kobaran api yang membakar lahan gambut
A A A

ACEH JAYA – Puluhan hektar lahan gambut terbakar di perbatasan antara Kabupaten Aceh Barat dengan Kabupaten Aceh Jaya tepatnya di Desa Lueng Gayo, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya.

Untuk memadamkan kebakaran lahan gambut tersebut puluhan petugas gabungan dari Polisi, TNI, BPBK dan masyarakat di kerahkan untuk memadamkan kobaran api yang sudah luas membakar lahan gambut tersebut.

Bupati Aceh Jaya Irfan TB mengatakan, upaya pemadaman sampai saat ini terus dilakukan oleh petugas gabungan, tapi proses pemadaman terkendala oleh kondisi cuaca yang panas, angin kencang, mobil pemadam juga tidak bisa merapat ke dekat lokasi titik api sehingga selang yang di gunakan tidak dapat menjangkau api dan menyebabkan petugas sulit untuk memadamkan api.

“Karena kondisi sampai saat ini panas terus dan hujan juga tidak ada angin juga kencang sehingga apinya mengarah terus ke jalan raya,” kata Irfan Selasa, (10/03/2020) di lokasi kejadian.

Ia menambahkan bahwa sudah mengerahkan mobil pemadam kebakaran dan mobil tangki yang berada di Panga untuk membantu proses pemadaman dan saat ini sedang menuju ke lokasi kebakaran.

Jika kondisi kebakaran lahan gambut ini tidak dapat di atasi dan semakin parah maka pihak bupati Aceh Jaya sendiri akan melaporkan ke Provinsi untuk meminta bantuan.

“Tadi kami sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD dan Kapolres terkait kondisi saat ini dan kita lihat kondisi terakhir nanti, jika kondisi semakin parah maka kita akan laporkan ke Provinsi unruk meminta bantuan,”ujarnya.

Sedangkan untuk luas lahan gambut yang terbakar, kata Irfan sampai saat ini sudah mencapai 30 hektar.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...